Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ketum Perhumas: Kearifan Lokal Harus Jadi Nation Branding Bagi Indonesia

Posted by: 2192 viewer

Ketum Perhumas: Kearifan Lokal Harus Jadi Nation Branding Bagi Indonesia
dok. Perhumas

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam Konvensi Nasional Humas yang ke-20, dirumuskan strategi untuk membangun reputasi Indonesia di tingkat domestik maupun global. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Perhumas, Agung Laksamana dalam keterangan resminya hari ini, Rabu (18/12).

Menurut Agung, kearifan lokal harus menjadi Nation Branding bagi Indonesia. Dimana kata dia, humas harus menyebarkan narasi-narasi positif tentang bagaimana keindahan budaya di Indonesia.

“Kearifan lokal dan budaya merupakan aset penting Indonesia dalam membentuk reputasi. Untuk menjamin terpeliharanya kearifan lokal dan budaya, diperlukan kerjasama lintas sektoral. Humas harus menjadikan media sebagai mitra strategis,” kata Agung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, lanjut Agung, humas Indonesia juga memiliki peran diplomasi pada era kini. Dimana dalam setiap kegiatannya selalu tertanam nilai-nilai keunggulan yang berasal dari kearifan lokal. Sehingga mata dunia selalu tertuju ke Indonesia

“Untuk itu humas harus memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam era ini, teknologi memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam membangun awareness. Adanya teknologi, mendorong kampanye PR menuju kancah global dimana tidak ada batasan dalam sumber informasi,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu praktisi humas perlu memahami bagaimana memanfaatkan teknologi dalam menunjang kerjanya. Humas harus mengerti bagaimana membaca data statistik pada era Big Data. Karena kemampuan membaca data adalah kunci keberhasilan humas dalam menjawab tantangan kedepan.

“Pentingnya kemampuan membaca dan mengelola data tersebut menjadi acuan kreativitas bagi humas dalam menentukan konteks dan konten pada pesan yang ingin disampaikan,” ujar Agung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada akhirnya, untuk mencapai hubungan “human to human” yang baik diperlukan pembinaan karakter dan kepribadian. Dengan kampanye #IndonesiaBicaraBaik, Perhumas terus berupaya untuk mengajak seluruh praktisi humas Indonesia mengembangkan potensinya dan ikut menyuarakan Indonesia yang dikemas dengan kearifan budaya kita, untuk Indonesia yang lebih maju.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...