Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kemendag Perkuat Eksistensi Kopi Indonesia di Amerika Serikat

Posted by: 1165 viewer

Kemendag Perkuat Eksistensi Kopi Indonesia di Amerika Serikat
Kopi Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago tengah menginisiasi penguatan eksistensi kopi Indonesia di Negeri Paman Sam melalui pendekatan dialog dengan stakeholders kopi di Chicago, Amerika Serikat (AS). Pendekatan dialog diharap dapat membangun komunikasi dua arah antara produsen/eksportir Indonesia dan buyers di AS, sehingga dapat ditemukan kecocokan antara varietas kopi yang ditawarkan Indonesia dan kebutuhan pasar kopi di AS.

“Dengan adanya dialog antara produsen/eksportir Indonesia dan buyers AS, hubungan di antara kedua pihak diharapkan dapat terbangun sehingga kopi Indonesia dapat lebih dikenal. Strategi ini juga diharapkan dapat mendorong kinerja ekspor kopi Indonesia ke AS,” ungkap Kepala ITPC Chicago Iska Huberta Sinurat..

Sebagai langkah awal membangun dialog, ITPC Chicago meluncurkan proyek percontohan yang diberi nama ‘Indonesia Coffee Diaspora’ pada 15 Juli 2021 di Chicago. Berbagai kegiatan yang digelar yaitu pameran mini, seminar, sesi cupping kopi, dan penjajakan bisnis. Acara dihadiri 27 peserta dari roastery, kafe, dan perusahaan AS yang bergerak di sektor kopi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejumlah sampel kopi yang ditampilkan antara lain indikasi geografis Gayo, Mandailing, Jawa Prenger, Jawa Ijen (Ijen Raung), Bali Kintamani, Flores Bajawa, dan Toraja yang berasal dari koperasi dan pemasok perorangan. Sampel kopi yang lolos adalah kopi dengan skor di atas 80, sesuai standar kopi specialty dari asosiasi kopi specialty (Specialty Coffee Association/SCA), serta tidak memiliki cacat minor maupun mayor..

Sejumlah nama yang memberi evaluasi saat cupping antara lain Al Liu dan Joe Pichetti dari Colectivo, Christoper dari Cafe Dangdut New York, Avery Davis dan Mackenzie dari Roastery & Cafe Umbria, Didier Thierry dari Kapej Cafe, Hendra Handoyo dari Harvest Internasional, dan Colin Frew dari Metric Coffee.

Iska manambahkan, sesi cupping ini telah memberikan pengalaman tersendiri bagi para peserta. “Sesi cupping ini telah mengubah pandangan beberapa roaster lokal. Sebelumnya, mereka memiliki preferensi yang cenderung familier dengan jenis kopi full washed-dry hulling seperti dari Kosta Rika. Namun usai cupping, para peserta mendapat sensasi khas kopi Indonesia. Dari situ, para peserta berbagi pengetahuan tentang jenis kopi yang diminati pasar Chicago dan berdiskusi dengan para narasumber untuk menggali lebih dalam tentang sampel kopi yang tersaji,” pungkas Iska.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...