Sabtu, 27 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kedai Kopi Lokal Gencar Ekspansi ke Luar Negeri

Posted by: 223 viewer

Kedai Kopi Lokal Gencar Ekspansi ke Luar Negeri
tomoro coffee

FRANCHISEGLOBAL.COM- Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan kedai kopi dalam negeri melakukan ekspansi mereka ke sejumlah negara. Sebut saja Kenangan Brands, induk dari waralaba Kopi Kenangan yang berencana melakukan ekspansi ke lima negara di Asia Tenggara hingga 2030.

Ada pula gerai luar negeri pertama milik Fore Coffee di Singapura yang diresmikan akhir tahun lalu. Dan yang terbaru adalah Tomoro Coffee yang resmi membuka toko pertama di NUS Business School Hon Sui Sen Memorial Library Singapura

Ketua Departemen Specialty & Industri BPP Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) sekaligus Kopi Expert dan Global Coffee Trader Moelyono Soesilo mengatakan, ekspansi kedai kopi lokal ke mancanegara akan mendukung industri kopi dalam negeri. Karena bahan baku yang digunakan mayoritas berasal dari biji kopi dalam negeri.

IKLAN INFOBRAND.ID

“(Berpengaruh) pada semua bagian dari industri kopi dalam negeri, kita bisa pastikan mereka itu menggunakan produk dalam negeri dan produksi kopi Indonesia,” ungkap Moelyono.

Namun, ia menambahkan, pada level-level tertentu perusahaan mungkin akan menggunakan kopi luar negeri sebagai campuran dalam kopi mereka meskipun jumlahnya sedikit.

“Kalau kita contohnya bicara bumbu, bumbu utamanya mungkin dari Indonesia tetapi ada misalnya jenis spices mana yang Indonesia enggak produksi. Jadi harus ambil dari luar Indonesia. Dan pemakaian biji kopi dari kedai-kedai itu kan relatif, jadi masing-masing perusahaan ada policy sendiri atau plan sendiri,” kata Moelyono.

Yang menjadi pertimbangan juga adalah persaingan yang dialami oleh kedai-kedai kopi ini terutama persaingan dengan kedai kopi luar negeri lainnya.

“Biasanya juga ada campuran kopi-kopi dari luar negeri. Jadi tergantung juga dengan kompetitornya.  Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa bisa juga 100% persen kopi dalam negeri. Jadi tergantung policy-nya sendiri ya,” tambahnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemudian terkait produksi dalam negeri, dia optimistis di tahun 2024 Indonesia bisa menghasilkan kopi lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kalau kita ngomong dibandingkan 2023, kenaikannya (produksi) mungkin sekitar 20%-25%. Kalau kondisi cuaca normal dan support, produksi bisa sampai 12.5 juta karung. Karena kita lihat di tahun 2023 itu produksi sekitar 9,3 juta sampai 11 juta karung saja,” pungkas dia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...