Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Inilah Masa Depan Kita, Banyak Muncul Start Up Kelas Internasional

Posted by: 2268 viewer

Inilah Masa Depan Kita, Banyak Muncul Start Up Kelas Internasional
Menkominfo Rudiantara

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memprediksi sebanyak USD 130 Miliar bisa dicapai dari transaksi ekonomi digital di Indonesia tahun 2030. Jika berhasil terealisasi, gross domestic product (GDP) Indonesia hingga 11 persen. 

Menuju sasaran proyeksi itu, Rudiantara mengatakan, Kemenkominfo telah berproses bukan hanya sekadar regulator namun juga fasilitator dan akselarator mendorong perkembangan ekonomi digital.

"Kemenkominfo memberlakukan affirmative policy dengan melakukan relaksasi dan simplifikasi regulasi. Affirmative policy merupakan keberpihakan pemerintah yang dilakukan tanpa melihat pada aspek bisnis," ujar Rudiantara pada acara diskusi BukaTalks bertema Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia yang diselenggarakan Bukalapak, di Plaza City View, Jakarta, Selasa (28/8/2018) malam. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Rudiantara menyebutkan, di kawasan ASEAN ada tujuh start up telah kategori unicorn. Sebanyak empat di antaranya berasal dari Indonesia yaitu BukaLapak, Tokopedia, Gojek dan Traveloka. "Inilah masa depan kita, menginginkan banyak start up unicorn asal Indonesia," ucap Rudiantara.

Sebagai informasi, unicorn adalah gelar kepada perusahaan start up yang telah memiliki nilai valuasi minimal USD 1 Miliar. Pemerintah menargetkan memiliki lima start up unicorn asal Indonesia tahun 2019.

Selanjutnya Rudiantara mengungkapkan, pemerintah Indonesia berakselarasi terus berupaya mencari dan mengembangkan perusahaan start up di Tanah Air dapat menjadi unicorn sehingga ikut mendorong ekonomi digital.

"Kemenkominfo membuat Komite Next Indonesian Unicorn yang baru diselenggarakan di Bali untuk menemukan start up Unicorn Indonesia selanjutnya. Kita lakukan kurasi. Kita memang harus main di kelas Internasional," ujar Rudiantara.

Sebagai dukungan peran fasilitator pengembangan ekonomi digital, Rudiantara menuturkan, Kemenkominfo terus membangun infrastruktur akses jaringan internet sebagai tulang punggung di daerah serta memberikan insentif kepada operator yang ingin membangun BTS.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejak dua tahun lalu, Kemenkominfo telah menggagas Gerakan 1000 Start Up Digital. Melalui gerakan tersebut diharapkan Indonesia dapat menjadi The Digital Energy of Asia.

Pemerintah Indonesia menginginkan pada tahun 2020 dapat muncul 1000 pelaku jasa start up yang ikut mendongkrak perekonomian nasional selaras dengan Nawacita

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Body Mask, Iswhite Sabet Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memiliki kulit tubuh yang cerah, kencang dan segar menjadi dambaan setiap wanita yang ingin tampil lebih menawan. Untuk mendap...


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan RMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...