Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Tips Sukses Memulai Usaha Parfum dari CEO Alchemist Fragrance

Posted by: 569 viewer

Ini Tips Sukses Memulai Usaha Parfum dari CEO Alchemist Fragrance
CEO Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memulai usaha, tak terkecuali dalam memulai usaha parfum, mengenali pasar yang dituju menjadi hal yang begitu krusial, karenanya pengusaha parfum sejak awal perlu memiliki pemahaman yang jelas mengenai siapa target pasar yang akan digaet.

CEO sekaligus Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila mengatakan industri parfum saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat, namun banyak pelaku usaha yang lupa akan esensi atau nilai yang ingin disampaikan.

“Kalau industri lagi berkembang banget itu banyak yang mau masuk juga, tapi jangan melupakan esensi atau 'value' nya apa. Mau masuk untuk menjawab apa? Dan apa yang lain belum punya tapi aku punya? itu harus ada, dan jangan dilupakan,” kata dia dikutip Antara, kamis (22/2/2024).

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Naya lagi, memahami dengan baik siapa pasar yang dituju dan identifikasi apa yang belum ada di pasaran namun bisa hadirkan juga penting, karena menjadi kunci utama dalam membedakan diri dari pesaing.

Selain itu, manfaatkanlah era digital yang sangat mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan digitalisasi, penghalang untuk masuk menjadi lebih rendah, sehingga memudahkan untuk memasuki pasar.

“Jadi baik itu sosial media, platform e-commerce sangat membantu untuk kita bisa menggapai audience lebih besar yang tadinya itu mungkin kalo kita lakukan sendiri sulit,” ujarnya.

Di sisi lain hal tersebut juga memerlukan pemahaman yang baik mengenai celah pasar, strategi yang tepat, dan siapa target pasar yang akan dituju. Terlebih e-commerce bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menggaet konsumen yang jauh atau tidak dapat digapai dengan mudah.

Sebagai contoh, saat meluncurkan produk bersama Tokopedia sejak awal menjadi strategi Naya, karena e-commerce tersebut memiliki pangsa pasar yang besar dan banyak pelanggan yang memiliki kecenderungan belanja disana untuk memenuhi kebutuhannya di sana.

IKLAN INFOBRAND.ID

Penting pula untuk aktif menggugah kesadaran pelanggan dengan berkolaborasi dengan platform dan ikut serta dalam berbagai kampanye. Keterlibatan brand dalam kampanye-kampanye ini akan membantu meningkatkan kesadaran pelanggan dan menguatkan citra brand di mata konsumen.

Dengan begitu, memanfaatkan era digital dan berkolaborasi dengan platform-platform e-commerce menjadi strategi yang sangat efektif untuk memulai dan mengembangkan usaha parfum kita.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...