JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bagi pemilik bisnis online, menjangkau berbagai lapisan pasar itu boleh dibilang susah-susah gampang. Dengan ketatnya persaingan di internet, seorang pemilik bisnis online membutuhkan strategi untuk memenangkan hati konsumen secara virtual.
Salah satunya dengan menjadikan usaha yang dijalani ada dalam urutan teratas di mesin pencarian. Untuk memperolehnya diperlukan teknik yang disebut SEO (Searh Engine Optimalisation),
Lantas, bagaimanakah cara mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan performa usaha? Simak lima langkah mudah berikut yang dirangkum Digital Marketing Manager Zilingo, Fandi Prathama, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (22/9/2021).
1. Kata Kunci yang Tepat
Pemilik bisnis harus mengetahui beberapa kata kunci yang sering digunakan pengguna mesin pencari untuk mengoptimasi situs wekeywordb bisnisnya.
Salah satu alat pencari keyword yang dapat membantu Anda adalah Google keyword Planner. Pertimbangkan volume pencarian, kompetisi, dan maksud dari keyword.
2. Sebarkan Kata Kunci
Setelah menemukan kata kunci yang tepat, sekarang saatnya menyebar kata kunci tersebut di situs web si empunya usaha.
Sebisa mungkin sematkan kata kunci pada judul, deskripsi produk, meta description, URL atau header.
3. Penawaran Unik
Nah, untuk meningkatkan posisi dalam pencarian web di industri yang dijalani, carilah kata-kata yang sesuai dengan kelebihan produk atau layanan usaha Anda seperti penawaran yang unik ataupun lokasi usaha.
4. Perhatikan Nama File
Situs web bisnis biasanya memerlukan aset visual berupa foto ataupun video untuk mempercantik tampilannya. Sebelum mengunggah file, pastikan Anda mengubah namanya menjadi lebih relevan dengan keyword.
5. Buat Blog
Cara lain untuk meningkatkan traffic dan leads dari situs web bisnis yang dijalankan, adalah dengan membuat blog bisnis.
Menulis blog bisnis sama konsepnya dengan manajemen konten yang biasa diterapkan di media sosial, hanya saja berbeda format.