Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hari Cokelat Sedunia Tiba! Intip Penjualan Cokelat Naik 3x Lipat di Tokopedia

Posted by: 1217 viewer

Hari Cokelat Sedunia Tiba! Intip Penjualan Cokelat Naik 3x Lipat di Tokopedia
Foto dari Tokopedia

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Siapa yang suka makan cokelat? Makanan satu ini tentunya sudah tidak asing lagi buat kita semua. Hampir berbagai macam produk mempunyai bahan dasar cokelat, seperti es krim, roti, minuman dan lain sebagainya.

Untuk kamu semua para pecinta cokelat sudah tahu belum bahwa ada hari cokelat sedunia, yaitu jatuh pada hari ini. Setiap tanggal 7 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai World Chocolate Day yang dirayakan secara besar besaran di negara penikmat cokelat. Yang artinya, khusus hari ini pecinta cokelat bebas menikmati segalanya yang serba cokelat dimanapun kalian berada.

Ada hal menarik tentunya sebelum perayaan hari cokelat sedunia itu tiba, yakni melonjaknya pembelian cokelat di berbagai marketplace di seluruh Indonesia. Salah satunya Tokopedia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menyatakan Jumlah transaksi produk cokelat di Tokopedia meningkat hampir 3x lipat selama 2020 dibanding tahun sebelumnya. Hal itu berarti cokelat mempunyai faktor penting bagi kehidupan masyarakat. Selain jadi cemilan, bisa juga menemani semua kalangan di situasi apapun.

“Penjualan cokelat di Manado, Gianyar dan Magetan mengalami peningkatan paling signifikan selama 2020 dibanding tahun sebelumnya,” tambah Ekhel.

Salah satu contoh UMKM Lokal Cokelat yang berhasil mendapatkan keuntungan dari berjualan cokelat dari Tokopedia yaitu Fudgybro dan Chocodot Indonesia.

Chocodot sendiri merupakan Inovasi Cokelat Isi Dodol dan Rempah Indonesia. Pemiliknya Kiki Gumelar, yang berasal dari Garut mempunyai ide dalam membuat cokelat isi dodol dari sang Ibu yang selalu mengirimkannya dodol ketika Ia merantau di Yogyakarta.

“Saya lalu memutuskan kembali ke Garut dan memulai usaha Chocodot pada 2009. Agar unik dan dapat diterima berbagai kalangan, kami membuat tulisan-tulisan unik di kemasan seperti Cokelat Enteng Jodoh, Cokelat Anti Galau, Cokelat Makin Cinta dan sebagainya,” ujar Kiki. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Kiki menambahkan tidak hanya isi dodol, Produknya juga berinovasi menambahkan varian isi pada cokelat, seperti krim buah, biji kopi, kurma, rempah, teh dan jamu. Inovasi ini dicapai lewat kolaborasi dengan sejumlah petani cokelat dan pengolah kakao local.

Mengenai keuntungan dalam berjualan di Tokopedia Kiki menjelaskan “Lewat Tokopedia, produk kami kini dapat dinikmati oleh pelanggan lebih luas bahkan hingga Bulukumba,”.

Ada juga produsen cokelat yang mendapatkan keuntungan melalui Tokopedia, yaitu Fudgybro. Awal mula sebelum menjadi sesukses ini ialah belajar autodidak hingga bisa hasilkan omzet puluhan juta.

Rayendra Abiyasa Pramuraharjo selalu berkeinginan memiliki bisnis kuliner sejak kuliah. Dengan modal belajar autodidak dari internet, ia akhirnya membuat sendiri brownies dengan merek Fudgybro dan mulai memasarkannya pada November 2018 lewat Tokopedia.

“Pada Maret 2020 awal pandemi, transaksi Fudgybro mengalami kenaikan hingga 4x lipat dibandingkan masa sebelum pandemi. Bahkan selama Ramadan 2021, Fudgybro bisa menerima pesanan hingga ratusan loyang setiap harinya, meningkat 3x lipat dari bulan sebelumnya,” jelas Rayendra.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pandemi pun mendorong Rayendra menghadirkan berbagai varian baru, antara lain Softbro Jar Size yang merupakan campuran potongan brownies dan es krim vanila, cookies hingga minuman cokelat.

“Lewat Tokopedia, omzet per bulan kami mencapai puluhan juta. Bahkan melalui teknologi, produk-produk Fudgybro bisa menjangkau Medan, Bali hingga Makassar,” tutup Rayendra.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...