Senin, 06 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gelar RUPS, Blibli Perkuat Bisnis Berkelanjutan lewat Layanan & Sinergi Ekosistem

Posted by: 808 viewer

Gelar RUPS, Blibli Perkuat Bisnis Berkelanjutan lewat Layanan & Sinergi Ekosistem
Blibli.com

INFOBRAND.ID-PT Global Digital Niaga Tbk (“Perseroan”; BEI: “BELI”) telah berhasil menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) untuk tahun buku 2022 dan kemudian disusul dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) di Jakarta (19/6).

Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepercayaan dan dukungan dari seluruh pemegang saham Perseroan hingga saat ini, sehingga Perseroan mampu menutup tahun buku 2022 dengan kinerja usaha yang terus bertumbuh positif dengan kinerja keuangan yang semakin sehat.

Kusumo menambahkan, Perseroan terus beradaptasi dengan perkembangan situasi seraya menciptakan berbagai terobosan dan inovasi dalam menavigasi strategi bisnis di tengah tekanan ekonomi global sepanjang tahun 2022. “Situasi geopolitik dan juga kondisi perekonomian dunia sedikit banyak mempengaruhi dinamika di sektor-sektor potensial termasuk industri digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menghadapi hal tersebut, kami terus menyesuaikan strategi untuk mempertahankan daya saing bisnis dan menjawab tren yang senantiasa berubah dengan fokus pada empat aspek utama yaitu, memperluas pilihan produk, memperkuat pelayanan bagi pelanggan, mewujudkan kemajuan fundamental melalui inovasi berbasis convenience, ecosystem, dan delight-enhancing data, serta pengembangan ekosistem omnichannel,” kata Kusumo dalam paparannya.

Di dalam RUPST, pemegang saham Perseroan telah menyetujui dan mengesahkan Laporan Direksi atas kinerja usaha Perseroan dan Laporan Tahunan Perseroan, yang termasuk di dalamnya laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.

Meskipun tahun ini belum membagikan dividen kepada pemegang saham karena masih mencatatkan kerugian pada tahun buku, Perseroan berhasil mencetak kinerja positif yang terefleksikan dari persentase laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (earnings before interest, tax, depreciation and amortization/”EBITDA”) terhadap TPV (Total Processing Value, yang merupakan jumlah nilai produk dan jasa yang dibayar dan dikirim pada periode/tahun yang relevan) semakin membaik sebesar -7,8% pada tahun 2022 dibandingkan dengan -10,4% pada tahun sebelumnya, atau meningkat sebesar 260 bps.

Peningkatan kinerja tersebut sebagai hasil dari pendapatan neto Perseroan yang bertumbuh 72% secara y.o.y dari Rp8.858 miliar pada tahun 2021 menjadi Rp15.269 miliar pada tahun 2022.

Pencapaian tersebut dipicu oleh berbagai milestones penting sepanjang tahun 2022 dalam memperkuat strategi omnichannel-nya, termasuk pembukaan dan pengoperasian berbagai gerai offline baru, serta penguatan sinergi bisnis melalui pembentukan ekosistem Blibli Tiket bersama entitas anak, tiket.com dan Ranch Market.

IKLAN INFOBRAND.ID

RUPST Perseroan juga telah menyetujui beberapa agenda lain seperti penetapan gaji, honorarium, dan tunjangan anggota Direksi dan Dewan Komisaris, penunjukan akuntan publik independen, serta telah menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum saham perdana saham Perseroan kepada para pemegang saham.

Perseroan juga mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham atas usulan pengangkatan Ronald Winardi sebagai anggota Direksi baru. Ronald merupakan sosok yang sudah familiar dengan bisnis Perseroan dengan rekam jejaknya sebagai manajemen senior di dalam ekosistem Blibli Tiket. Dalam susunan Direksi Perseroan yang baru, Ronald dipercaya mengemban tugas dan tanggung jawab di bidang keuangan sebagai Chief Financial Officer.

Sedangkan Direktur yang sebelumnya menjabat posisi tersebut – Hendry, salah satu Co-Founder Blibli, kini diamanatkan menjadi Chief Commercial Officer untuk memimpin dan memperkuat bidang komersial usaha Perseroan. ”Dengan adanya penugasan baru kepada Direksi saat ini maupun Direksi yang baru, Blibli dipercaya akan semakin fokus untuk mendorong kinerja usahanya demi tercapainya bisnis yang berkelanjutan,” ungkap Kusumo.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...