Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Dishub DKI Optimis Kendaraan Listrik Mampu Atasi Polusi Udara

Posted by: 467 viewer

Dishub DKI Optimis Kendaraan Listrik Mampu Atasi Polusi Udara
Ilustrasi mobil listrik/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta optimistis penggunaan kendaraan berbasis listrik dapat mengurangi permasalahan polusi udara di Jakarta yang selama ini masih menjadi problem utama.
 
Mngutip Antara, Selasa (20/2/2024), Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penggunaan kendaraan berbasis baterai bisa menjadi solusi ke depan, salah satunya penggunaan kendaraan dinas berbasis listrik.

Oleh karena itu, hal tersebut perlu dukungan regulasi yang melandasi penganggaran yang hingga saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengacu pada ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Standardisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintahan Daerah serta Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 119 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Kendaraan Dinas.
 
"Kendaraan dinas operasional yang bersifat umum yang dianggarkan pada Badan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan kendaraan dinas operasional yang bersifat khusus, dianggarkan melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait sesuai dengan peruntukkan," kata dia.
 
Sementara itu, mengenai manfaat penggunaan kendaraan berbasis listrik, kata Syafrin, diantaranya tidak menyebabkan polusi udara, tidak menghasilkan emisi gas buang, berkontribusi dalam mengurangi polusi udara, mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, dan beberapa manfaat lainnya.
 
Syafrin memaparkan pada 2023 Pemprov DKI Jakarta melaksanakan pengadaan kendaraan dinas berbasis baterai pada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), antara lainh minimal 186 unit untuk Dinas Perhubungan dan 324 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
 
Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan penggunaan kendaraan listrik dapat mengurangi tingkat polusi di Jakarta.
  
Erick menyebutkan sudah tiga tahun pemerintah mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik maupun industri turunannya seperti baterai. Hal ini bertujuan agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...