Kamis, 16 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Di Tengah Pandemi, Humas Harus Berperan Membangun Narasi Positif

Posted by: 1340 viewer

Di Tengah Pandemi, Humas Harus Berperan Membangun Narasi Positif
Ilustrasi berita hoaks/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali hal yang tidak bisa dikontrol, termasuk soal banjir informasi yang mengandung unsur hoaks dan memperkeruh keadaan.

Lantas apa yang bisa dilakukan oleh seorang Public Relations (PR) untuk membendungnya? Jangan sampai seorang PR yang malah menyebarkan informasi yang salah mengenai pandemi.

Caranya yaitu dengan banyak-banyak mengakses dan menyebarkan upaya-upaya pemerintah dalam menaggulangi pandemi berdasarkan sumber yang kredibel.

IKLAN INFOBRAND.ID

"PR harus menyampaikan informasi yang benar, bukan informasi yang sifatnya toksik, dan tidak menjadi jembatan pendistribusian berita bohong, PR harus berkolaborasi membangun informasi positif dan memotivasi," kata Ketua Umum BPP Perhumas, Agung Laksamana belum lama ini.

Pasalnya, hasil riset Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJ) menunjukkan 69 persen orang di masa pandemi mengalami permasalahan psikologis, 68 persen mengalami kecemasan, 67 persen mengalami depresi, serta 77 persen mengalami trauma psikologi. 

Nah, dengan menyampaikan berita-berita dari sumber yang kredibel diharapkan dapat mengurangi angka-angka yang ada pada hasil riset PDSKJ tadi.

Ya, di masa pandemi ini seorang PR harus fokus pada narasi-narasi positif, narasi yang membangun optimisme dengan tetap mengedepankan kewaspadaan yang tinggi. 

Misalnya meningkatkan kepercayaan publik terhadap program vaksinasi dengan menyebarkan informasi soal keamanan dan efektivitas vaksin, apapun jenisnya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal lain yang bisa dilakukan seorang PR di masa pandemi ini yaitu meningkatkan kepatuhan terhadap pesan-pesan kunci terkait pandemi Covid-19, seperti menerapkan perilaku 3M dan 3T. 

Untuk meng-counter berita-berita hoaks di masyarakat, seorang PR harus terlebih dahulu memahami target audiens yang disasar, sehingga pesan yang disampaikan sesuai dengan karakter, tone, dan manner, serta memahami karakteristik publik (media).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pertamina Hulu Energi Perkuat Komitmen Menuju Net Zero Emission

Pertamina Hulu Energi Perkuat Komitmen Menuju Net Zero Emission
INFOBRAND.ID - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina terus menjajaki beragam peluang kerjasama dengan berbagai pihak u...


MedcoEnergi Perkuat Portofolio Tiga Sektor Bisnis Menuju Transisi Energi

MedcoEnergi Perkuat Portofolio Tiga Sektor Bisnis Menuju Transisi Energi
INFOBRAND.ID - Minyak dan gas (migas) masih memiliki peran penting di era transisi ini termasuk bagi industri strategis seperti petrokimia dan pembang...


MedcoEnergi Dukung Penanganan Perubahan Iklim melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan

MedcoEnergi Dukung Penanganan Perubahan Iklim melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan
INFOBRAND.ID - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi), perusahaan energi independen nasional terkemuka di Asia Tenggara, berkomitmen untuk...


AC Smart Neuva Pro Dibekali Refrigerant R32 yang Hemat

AC Smart Neuva Pro Dibekali Refrigerant R32 yang Hemat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di musim panas ini, Indonesia sedang dihadapkan pada fenomena yang semakin umum terjadi, hot spells, periode panas yang ekstre...