Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Dharma Polimetal (DRMA) Tuntaskan Akuisisi Perusahaan Komponen Jepang

Posted by: 902 viewer

Dharma Polimetal (DRMA) Tuntaskan Akuisisi Perusahaan Komponen Jepang
Dharma Polimetal

INFOBRAND.ID-PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) menuntaskan akuisisi mayoritas saham PT Trimitra Chitrahasta (TCH), perusahaan komponen mobil dan sepeda motor milik kelompok usaha Kuroda Group Co Ltd  asal Jepang.

Presiden Direktur Dharma Polimetal (DRMA) Irianto Santoso mengatakan, perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli (PJB) saham dengan Kuroda untuk mengambil 5.820 (72,75%) saham TCH. Transaksi jual beli tersebut terlaksana dengan mengikuti seluruh kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan terpenuhinya kondisi-kondisi sebagaimana tertuang dalam perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) saham, serta diperolehnya hasil penilaian dari kantor jasa penilai publik terkait opini kewajaran atas transaksi.

“Akuisisi TCH sudah kami pertimbangkan dengan matang. Kami yakin masuknya TCH akan memberi manfaat yang besar bagi pengembangan bisnis komponen otomotif yang dikelola perseroan," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (2/1/23). 

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan, masuknya TCH sebagai anak perusahaan terkonsolidasi diharapkan akan memberikan nilai tambah dan dampak positif bagi keberlangsungan kegiatan usaha perseroan. Sebab, TCH yang memiliki pabrik komponen otomotif di Cikarang dan Cirebon ini untuk para pelanggan seperti Yamaha, Daihatsu, Honda, Suzuki, Hyundai, Toyota, PT TS Tech Indonesia, PKMI, KYB, dan Hitachi. Dengan demikian, akuisisi tersebut otomatis akan meningkatkan penjualan komponen otomotif perseroan.

Sementara itu, hingga akhir September, perseroan membukukan peningkatan penjualan sebesar 28% menjadi Rp 2,66 triliun dari Rp 2,08 triliun.  Laba bersih perseroan mencapai Rp 249,94 miliar, naik 70% dari Rp 146,94 miliar pada periode sama tahun sebelumnya.  Perseroan optimis, target pertumbuhan penjualan 20% dan laba bersih 50% tahun 2022 bisa tercapai.

Di sisi lain, penjualan otomotif melampaui target selama tahun 2022. Adapun tahun ini, pasar mobil dan sepeda motor diprediksi tetap tumbuh.

Pada 2022, volume penjualan mobil secara wholesales mencapai 1,05 juta, bertumbuh 18% dari realisasi tahun 2021. Jumlah itu 112% dari estimasi Trimegah Sekuritas. Volume tersebut juga sudah setara dengan pencapaian tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19.

Analis Trimegah Sekuritas Hasbie mengungkapkan, pangsa pasar PT Astra International Tbk (ASII) tetap kuat, sebesar mencapai 54,8%. Bahkan, tanpa memperhitungkan penjualan LCGC, pangsa pasar Astra mencapai 50,5%, naik dibandingkan tahun 2018 sekitar 44%.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun penjualan sepeda motor, terang dia, mencapai 5,2 juta unit tahun lalu. Angka tersebut juga sudah melampaui estimasi Trimegah Sekuritas atau setara dengan 102%. Meski demikian, pencapaian tersebut masih lebih rendah 20% dari pencapaian 2019.

Tahun 2023, penjualan mobil nasional diprediksi kembali meningkat menjadi 1,05 juta unit, sedangkan sepeda motor 5,6 juta unit. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan perkiraan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebanyak 975 ribu unit. Trimegah juga merekomendasikan beli saham DRMA dengan target harga Rp 900. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...