Kamis, 04 Maret 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Demi Kekuatan Brand, Unilever dan Orang Tua Berebut kata ‘Strong’

Posted by: 10-02-2021 16:08 WIB 227 viewer

Demi Kekuatan Brand, Unilever dan Orang Tua Berebut kata ‘Strong’
Dua produk pasta gigi dari dua brand terkemuka sama-sama menggunakan kata Strong untuk salah satu produknya.

JAKARTA - Brand yang kuat menjadi salah satu kunci suksesnya aktivitas penjualan. Tidak mengherankan jika kemudian ada sebuah brand-brand besar yang rela bersengketa untuk memperebutkan sebuah brand. Seperti kasus yang terjadi baru-baru ini, dimana PT Unilever Indonesia Tbk yang bersengketa dengan Orang Tua Group, yang memperebutkan brand pasta gigi ‘Strong’.

Adapun brand yang diperebutkan itu adalah, Unilever dengan brand pasta gigi Pepsodent menggunakan nama ‘Strong 12 Jam’ untuk untuk salah satu produknya yang menanjikan perlindungan hingga 12 jam. Sementara Orang Tua Group dengan brand pasta gigi Formula menggunakan nama ‘Strong Protection’ untuk salah satu produknya yang menawarkan perlindungan yang kuat.

Namun untuk diketahui, perkara hukum antara PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan Orang Tua Group perihal perebutan merek pasta gigi 'Strong' telah memasuki babak baru. Manajemen Unilever mengatakan, pihaknya mengajukan kasasi atas putusan pengadilan pada November 2020 lalu yang menyatakan sengketa merek pasta gigi tersebut dimenangkan oleh Hardwood Private Limited, induk dari Orang Tua Group.

Direktur dan Sekretaris Unilever Indonesia, Reski Damayanti, mengungkapkan bahwa proses hukum kasasi masih berjalan hingga saat ini. Ia menambahkan, kasus tersebut belum berkekuatan hukum tetap sehingga manajemen memandang hal ini tidak akan berdampak secara material terhadap kegiatan operasional, hukum, bisnis, harga saham, dan kelangsungan usaha Unilever.

"Kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan dan berharap agar hasilnya lancar serta membawa hasil yang adil dan baik," tegas Reski kepada media baru-baru ini.

Sebagai informasi, perkara berebut merek pasta gigi ini berawal ketika Hardwood merasa keberatan atas penggunaan merek 'Strong' di salah satu varian produk Unilever, yakni Pepsodent Strong. Keberatan tersebut didasari oleh klaim Hardwood merek 'Strong' sudah didaftarkan di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham Nomor IDM000258478 sebagai merek pasta gigi Orang Tua Group, yakni Formula Strong.

Atas keberatan tersebut, Hardwood kemudian menggugat Unilever ke PN Jakarta Pusat pada 29 Mei 2020 lalu dengan Nomor Perkara 30/Pdt/Sus-HKI/Merek/2020/PNJKT.Pst. Perkara hukum tersebut berlanjut ke persidangan pada 18 November 2020 lalu yang kemudian memenangkan Hardwood sebagai pemilik merek tersebut, bukan Unilever.

Melalui sidang itu pula, majelis hakim menyatakan bahwa merek Pepsodent Strong memiliki kemiripan dengan Formula Strong yang sudah lebih dulu terdaftar. Oleh karena itu, pengadilan menjatuhkan sanksi kepada Unilever berupa pembayaran denda senilai Rp30 miliar yang diberikan kepada Hardwood.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


76% Masyarakat Kini Lebih Suka Gunakan Pembayaran Tanpa Sentuh

76% Masyarakat Kini Lebih Suka Gunakan Pembayaran Tanpa Sentuh
JAKARTA - Selama masa pandemi COVID-19, metode pembayaran nirsentuh1 muncul sebagai solusi penting bagi konsumen di Indonesia untuk bertransaksi denga...


Beli Mobil Baru Bebas PPnBM, Begini Tips agar Mobil Lama Cepat Laku

Beli Mobil Baru Bebas PPnBM, Begini Tips agar Mobil Lama Cepat Laku
JAKARTA - Mulai bulan ini, Maret 2021, pemerintah berencana memberikan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk mobil penu...


Industri Farmasi dan Layanan Kesehatan Digital Meningkat Tajam

Industri Farmasi dan Layanan Kesehatan Digital Meningkat Tajam
JAKARTA - Industri farmasi di Indonesia merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan yang sangat cepat di ASEAN. Begitupun dengan layanan kesehata...


Indonesia Brand Conference, Kupas Tuntas Strategi Brand dan Memahami Perilaku Konsumen di Tahun 2021

Indonesia Brand Conference, Kupas Tuntas Strategi Brand dan Memahami Perilaku Konsumen di Tahun 2021
JAKARTA - Infobrand.id sukses menggelar Indonesia Brand Conference 2021, sebuah ajang pertemuan akbar bagi para pelaku brand dan bisnis di Indonesia....


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS







Index
Elnusa