Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 2,51 Triliun, Meningkat 10% di Tahun 2017

Posted by: 2262 viewer

Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 2,51 Triliun, Meningkat 10% di Tahun 2017
Citi Indonesia

Menutup tahun 2017, Citibank N.A., Indonesia (Citibank) mencatat laba bersih sebesar Rp 2,51 triliun, peningkatan 10% dari 2016. Peningkatan laba bersih Citibank ini berasal dari pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 5,1% menjadi Rp 4,33 triliun, dan pertumbuhan pendapatan fee-based sebesar 6,6% menjadi Rp 2,1 triliun. Pendapatan bunga bersih Citibank ditopang oleh kinerja yang seimbang antara Institutional Banking dan Consumer Banking yang masing-masing menyumbang 54% dan 46% terhadap pendapatan bunga bersih Citibank pada tahun 2017. Hal ini memberikan kontribusi pada peningkatan Return on Asset (ROA) menjadi 4,34% dari 4,14% pada tahun sebelumnya dan peningkatan pada Return on Equity (ROE) menjadi 15,51% dari 14,88% pada tahun 2016. Chief Executive Officer Citibank NA, Indonesia Batara Sianturi menyatakan, "Pertumbuhan Citibank juga tercermin dari total aset yang meningkat sebesar 4,8% menjadi Rp 75 triliun. Kinerja positif ini didukung oleh tingkat jumlah dana pihak ketiga (DPK) yang stabil dalam bentuk giro dan tabungan. Kedua jenis simpanan ini berjumlah 73,51% dari total DPK Citibank per 31 Desember 2017. Selain itu, kami juga tetap fokus dengan menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian dalam pemberian pinjaman." Peningkatan laba bersih Citibank juga didukung oleh peningkatan kualitas kredit. Rasio Non Performing Loan (NPL) bruto dan netto pada akhir Desember 2017 juga membaik. Angka NPL bruto dan netto masing-masing sebesar 1,88% dan 0,54%, dibandingkan 2,83% dan 0,94% untuk periode yang sama tahun sebelumnya. Kecukupan modal bank menjadi semakin kuat, dengan Capital Adequacy Ratio (KPMM) sebesar 27,48% per 31 Desember 2017. Bank telah mampu mempertahankan rasio kecukupan modal ini dan tetap mencatatkan peningkatan dalam Aset Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) sebesar 13,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di Institutional Banking, Citibank senantiasa memberikan konten dan solusi yang lengkap kepada klien, baik perusahaan lokal, perusahaan multinasional, institusi finansial, maupun sektor publik. Treasury and Trade Solutions Group menyediakan platform digital Citi Direct dengan kemampuan layanan pembayaran pajak sebagai bagian dari komitmen untuk memfasilitasi proses pembayaran pajak di Indonesia bagi perusahaan. Markets & Securities Services Group juga mendapat penghargaan dengan dinobatkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai “Best Primary Dealer” dan “Top 3 Best Government Sukuk Auction Participant”. Corporate Investment Banking Group juga dinobatkan sebagai “Best Bond Adviser-Global” oleh The Asset, dan Global Subsidiary Group terus memegang peranan penting dalam prakarsa pertumbuhan "Asia to Asia" yang menghubungkan perusahaan multinasional Asia dengan peluang investasi di Indonesia. Di Consumer Banking, Citibank telah merelokasi cabang Surabaya ke Citibank Smart Branch untuk memberikan pengalaman perbankan yang mengesankan melalui proses yang lancar dan kemampuan digital kelas dunia, yaitu Citi Signature Experience. Platform digital Consumer Banking Citi Mobile menyediakan peringatan apabila terjadi fraud dan keamanan berlapis melalui Touch ID serta otentikasi sidik jari. Dalam Wealth Management, kampanye “Citigold on Your Terms” diluncurkan untuk menjawab perubahan tren dan preferensi tujuan keuangan nasabah melalui layanan perbankan digital guna mengoptimalkan pertumbuhan investasi. Di Commercial Banking, berbagai inisiatif terkait e-commerce dan menghubungkan perusahaan-perusahaan menengah Asia yang ingin berinvestasi di Indonesia mendapatkan momentum yang baik di tahun 2018. Awal tahun ini, Citibank juga menempati kantor pusat baru di Lot 10 Sudirman Central Business District (SCBD) di Jakarta. Bangunan baru ini telah mendapat penghargaan LEED Platinum Grade yang memenuhi standar internasional tertinggi dalam perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Dengan desain premium, Citibank Tower yang baru menyediakan ruangan ultra-modern dengan konektivitas berkualitas tinggi. Relokasi ini adalah bagian dari konsep ruang kerja global Citi yang disebut Citi Works, yang telah berhasil diperkenalkan di Singapura, Shanghai, dan Tokyo. Keberhasilan kinerja tahun 2017 Citibank sebagai bank berskala global diakui melalui berbagai penghargaan di tingkat nasional, regional dan internasional. Di antara penghargaan bergengsi yang diterima pada kuartal keempat 2017 adalah “Best Corporate/Institutional Digital Bank” dan “Best Consumer Digital Bank” dari Global Finance, “Best Bank-Global in Indonesia”, “Best Bond Adviser-Global”, “Best Digital Bank” dan “Best Retail Mobile Banking Experience” dari The Asset. Citibank juga mendapatkan kehormatan dinobatkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai “Best Primary Dealer” dan “Top 3 Best Government Sukuk Auction Participant” serta penghargaan dari Desain Indonesia sebagai “Best Office Interior Design 2017” untuk Gedung Citibank South Quarter. "Pada tahun ini, di mana Citibank merayakan setengah abad dedikasi untuk Indonesia, kami bersyukur untuk dapat meraih pencapaian ini dan kami berharap tahun 2018 akan berkinerja dengan lebih baik lagi," tutup Batara.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...