Sabtu, 18 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BRI Dukung Produk UMKM Menembus Pasar Ekspor di Kala Pandemi

Posted by: 2734 viewer

BRI Dukung Produk UMKM Menembus Pasar Ekspor di Kala Pandemi
BRILIANENTREPRENEUR UMKM EXPORT 2020 digelar oleh BRI sebagai upaya mendorong konsumsi produk UMKM di kancah global. (Foto: Agus Aryanto)

JAKARTA - Pandemi covid-19 tidak menyurutkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk terus mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan entrepreneur. Melalui kegiatan BRILIANPRENEUR UMKM EXPORT 2020 yang berlangsung 1-15 Desember 2020, PT BRI Tbk menargetkan bisa memfasilitasi kotrak para UMKM nasional untuk melakukan ekspor ke beberapa negara.

Direktur Utama BRI, Sunarso saat membuka kegiatan tersebut secara virtual, Kamis (10/12/2020) mengatakan, BRILIANPRENEUR UMKM Export 2020 bertujuan agar produk UMKM tidak hanya diserap pasar domestik, tapi juga pasar ekspor. Menurutnya, tenaga kerja di UMKM akan terserap kalau produknya dikonsumsi, tidak terbatas konsumen domestik tapi juga ekspor.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Semakin banyak produk UMKM dikonsumsi, maka bisa meningkatkan kesejahteraan, dan lebih banyak menyerap tenaga kerja sehingga bisa menjaga sustainabilitu kesejahteraan masyarakat dari UMKM,” ujar Sunarno.

UMKM yang mengikuti BRILIANPRENEUR 2020 pun siap melakukan branding dan packaging produk dengan 82 calon pembeli dari luar negeri, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, dan Jepang. Selain itu ada pula showcase yang menampilkan 573 UMKM peserta yang dikemas dengan menarik.

Sunarso mengharapkan, kedepannya BRI dapat terus memfasilitasi UMKM untuk masuk ke pasar global dengan daya saing yang semakin tinggi. Dia mengungkapkan, pihaknya juga telah melakukan pengembangan UMKM melalui berbagai program, salah satunya BRI Incubator untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM berkualitas ekspor.

IKLAN INFOBRAND.ID

“BRI pun telah menyalurkan kredit kepada 6,8 juta nasabah UMKM senilai Rp754 triliun atau secara 80,5% dari total kredit,” ungkap Sunarso.

Untuk mengantisipasi penularan covid-19, kegiatan diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Untuk memastikan protokol tersebut penyelenggara membatasi jumlah pengunjung dengan registrasi onlie, menyediakan sejumlah titik hand sanitizer, peringatan menjaga jarak dan pembayaran secara non tunai.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...