Jum'at, 10 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Baru Diresmikan 1 Hari, LinkAja Klaim Miliki 23 Juta Pengguna Aktif

Posted by: 1382 viewer

Layanan keuangan elektronik QR Code berbasis aplikasi milik pemerintah, LinkAja, secara resmi diluncurkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno pada Minggu (30/6) di Jakarta. Sistem pembayaran yang hasil kolaborasi beberapa BUMN tersebut digadang-gadang bakal menyaingi para pemain lama yang telah lebih dulu terjun pada bisnis serupa, macam Gopay dan Ovo.

Baru Diresmikan 1 Hari, LinkAja Klaim Miliki 23 Juta Pengguna Aktif
LINKAJA

Layanan keuangan elektronik QR Code berbasis aplikasi milik pemerintah, LinkAja, secara resmi diluncurkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno pada Minggu (30/6) di Jakarta. Sistem pembayaran yang hasil kolaborasi beberapa BUMN tersebut digadang-gadang bakal menyaingi para pemain lama yang telah lebih dulu terjun pada bisnis serupa, macam Gopay dan Ovo.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah ini merupakan antisipasi atas semakin berkembangnya kebutuhan pasar akan  sistem pembayaran yang cepat dan mudah.

“Sistem pembayaran digital ini juga terhubung dengan sistem perbankan BUMN. Melalui LinkAja, para pengguna bisa mengisi saldo [top up] diberbagai gerai mini market yang telah bekerja sama, hal ini memudahkan bagi mereka yang tidak mempunyai rekening bank BUMN tadi. Untuk yang sudah punya bisa langsung terintegrasi,” tuturnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pemerintah  sendiri  mengklaim telah memiliki 23 juta pelanggan aktif yang telah menggunakan fitur pembayaran digital ini dengan rata-rata total transaksi harian Rp1 miliar. Sebagian besar para pengguna LinkAja merupakan pengguna T-Cash dari Telkomsel yang telah bermigrasi. Ditargetkan, pengguna LinkAja akan bertambah menjadi 40 juta pelanggan pada akhir tahun nanti.

Rini juga menyebut, ekspansi LinkAja akan merambah beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Hongkong. Alasannya, banyak terdapat warga negara Indonesia yang bekerja di ketiga negara tersebut.

“Kedepan kami ingin juga bisa digunakan di Taiwan karena banyak juga TKI kita disana,” imbuhnya.

Untuk diketahui, LinkAja dioperasikan oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) yang sahamnya sebagian besar dimiliki oleh Telkomsel (25%). Disusul kemudian Bank Mandiri, BRI, dan BNI masing-masing memiliki 20% saham. BTN dan Pertamina masing-masing 7%, dan sisanya Jiwasraya sebesar 1%.

Seperti yang dikutip dari laman resmi LinkAja pada Senin (1/7), aplikasi ini juga mewarkan fasilitas tarik tunai pada gerai ATM bank milik pemerintah, yakni Bank Mandiri, BNI, BTN dan BRI. Untuk sementara ini, setiap transaksi penarikan tunai tersebut dikenakan biaya Rp5.000 untuk satu kali transaksi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain fitur tarik tunai, LinkAja juga menawarkan fasilitas pemayaran tol seperti uang elektronik kebanyakan.

"Mulai Senin pagi sudah ada 20 gerbang tol yang tertempel stiker LinkAja, pembayaran tol akan otomatis dengan sistem RFID asal LinkAja terisi saldo, tinggal jalan 30 km/jam sudah langsung terbuka," jelas Rini.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras

Bantu Korban Banjir Sulsel, Pupuk Indonesia Salurkan 80 Ton Beras
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang dan longsor akibat cuaca ekstrem yang te...


Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan

Kolaborasi, The Stones Hotel-TMMIN Hadirkan Shuttle Ramah Lingkungan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Legian Bali, Autograph Collection bersama dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi menjalin kolaborasi dal...


Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024

Fuso Hadir di Indonesia Cold Chain Expo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC)...


Ini Peran Inovasi dalam Menciptakan Brand Unggul

Ini Peran Inovasi dalam Menciptakan Brand Unggul
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era persaingan yang semakin sengit, brand-brand kini menghadapi tantangan besar untuk tidak hanya bertahan, tetapi juga unt...