Rabu, 28 Februari 2024

Follow us:

infobrand

700 UMKM Berpartisipasi di Inisiatif #DukungUMKMKuliner

Posted by: 1073 viewer

700 UMKM Berpartisipasi di Inisiatif #DukungUMKMKuliner
Mondelez Indonesia Dukung UMKM Kuliner

INFOBRAND.ID-Mondelez Indonesia melalui rangkaian produknya—seperti OREO, Cadbury, dan keju KRAFT—kembali menghadirkan program #DukungUMKMKuliner. Program yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mengusung tema “Berkelas Karena Kualitas”.

Parveen Dalal, President Director Mondelez Indonesia, menuturkan, “Semangat #BerkelasKarenaKualitas dipilih menjadi tema besar program #DukungUMKMKuliner di tahun ini. Sebab, berdasarkan hasil survei The State of Snacking tahun 2021 dari Mondelez International terungkap bahwa konsumen semakin selektif dalam memilih camilan, sehingga menjadikan persaingan di industri kuliner semakin ketat dan memberikan tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner.”

Lebih jauh ia menjelaskan, selama hampir tiga bulan penyelenggaraannya, inisiatif #DukungUMKMKuliner telah diikuti oleh lebih dari 700 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kuliner dari berbagai wilayah Indonesia. Secara umum penyelenggaraan inisiatif ini terbagi menjadi tiga rangkaian besar, yaitu pelatihan yang memberikan berbagai tips kreatif agar bisnis UMKM Kuliner naik kelas, kompetisi bisnis yang terbagi menjadi tiga kategori (Best Food Menu, Best Packaging Design, dan Best Marketing Promotion), serta konferensi pers sekaligus pengumuman pemenang kompetisi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno turut mendukung penuh inisiatif yang dilakukan Mondelez Indonesia. “Kami menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner yang secara konsisten dihadirkan Mondelez Indonesia. UMKM kuliner menyumbang Rp 455,44 triliun atau sekitar 41% dari total PDB ekonomi kreatif di tahun 2020. Selain itu, subsektor ini juga menyerap tenaga kerja sebesar 9,5 juta orang, sehingga turut memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, mendukung kebangkitan UMKM sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN),” katanya.

Penyelenggaraan program #DukungUMKMKuliner di tahun kedua ini kembali bersinergi dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas Sahabat UMKM, GrabFood, NielsenIQ, Food Vlogger and F&B Business Owner MGDALENAF, serta Najla Bisyir selaku Owner & Founder Bittersweet by Najla.

Anindita Septadiani, Research Director NielsenIQ, menegaskan bahwa kebangkitan ekonomi pada industri UMKM juga didukung oleh temuan NielsenIQ dalam Household Spending Survey, di mana terdapat peningkatan alokasi pengeluaran rumah tangga untuk leisure activity, salah satunya untuk aktivitas makan diluar, dari 27% pada kuartal kedua (Q2) 2021 menjadi 30% dari total biaya pengeluaran rumah tangga pada Q2 2022.

“Agar bisa naik kelas, UMKM diharapkan jeli melihat peluang dan memahami perilaku konsumen dengan merumuskan strategi berkualitas, di antaranya dengan cara kolaborasi menu menggunakan produk berkualitas, memaksimalkan promosi digital dan layanan online delivery, serta berinovasi sesuai dengan tren yang sedang berkembang,” terang Anindita.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai

Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan otomotif Jepang Toyota, melalui anak perusahaan Toyota Chemical Engineering (TCE) tengah mengembangkan bisnis daur...


Januari Lalu, AP I Layani 5,5 Juta Penumpang

Januari Lalu, AP I Layani 5,5 Juta Penumpang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I melayani 5,5 juta penumpang di 15 bandara yang dikelola perseroan itu selama Januari 202...


Marketing Manager GrabAds, Tingkatkan Efektivitas Pemasaran UMKM

Marketing Manager GrabAds, Tingkatkan Efektivitas Pemasaran UMKM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu layanan dari GrabAds, Marketing Manager memainkan peran penting dalam mendukung UMKM di Indonesia dalam mencapai ke...


IIMS 2024 Siap Digelar, Perayaan Otomotif dengan Lebih dari 180 Brand dan Ragam Program Unggulan

IIMS 2024 Siap Digelar, Perayaan Otomotif dengan Lebih dari 180 Brand dan Ragam Program Unggulan
INFOBRAND.ID-Menyusul kesuksesan tahun 2023, pesta otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, akan segera diselenggarakan pada&nbsp...