Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

4 Tips Manajemen Sukses Saat Ikut Pameran

Posted by: 2860 viewer

4 Tips Manajemen Sukses Saat Ikut Pameran
Ilustrasi pameran (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mengikuti sebuah pameran, bazzar, expo atau kegiatan sejenis lainnya sudah menjadi salah satu aktivitas pemasaran yang lazim dilakukan oleh sebuah perusahaan. Karena melalui pameran, sebuah perusahaan bisa mengenalkan produk dan brand baru, memperkuat branding produk ataupun perusahaan, menjalin hubungan baik dengan konsumen (customer service), mencari partner bisnis dan investor, meningkatkan penjualan dan lain sebagainya.

Namun, untuk bisa sukses menjaring konsumen melalui sebuah pameran tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara. Ada hal-hal yang harus diketahui, baik pada saat pameran tersebut berlangsung maupun setelahnya.

Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA memberikan beberapa tips manajemen sukses saat sebuah perusahaan mengikuti pameran. Apa saja?

IKLAN INFOBRAND.ID

Event-Product Fit

Pahami target pasar pameran, apakah sesuai dengan target pasar merk.

Experiential Design

Booth pameran selain sebagai lokasi untuk mendapatkan informasi produk, juga harus didesain yang menjadikan visitor tertarik masuk, berinteraksi dan mencoba produk. Penentuan tema ruang menjadi salah satu kunci utama.

Sales Personal and Activity Optimization

Tenaga penjualan harus mampu juga memberikan pelayanan yang khusus. Aktivitas pada jam padat kunjungan juga harus dirancang menarik.

Follow up

Mengingat pameran hanya untuk durasi waktu pendek, maka follow up acara juga harus dipertimbangkan. Mengkaitkan dengan aktivitas online dapat menjadi salah satu opsi, untuk mengeliminir sifat pameran yang BTL (Below The Line).

Demikian tipsnya, semoga bermanfaat. Salam brand. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...