Selasa, 30 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Social Commerce di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat

Posted by: 975 viewer

Social Commerce di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat
Pertumbuhan Social Commerce.

INFOBRAND.ID - Pesatnya perkembagan media sosial di Indonesia telah mendorong pertumbuhan social commerce. Berdasarkan laporan Sirclo dan Ravenry, GMV social commerce di Indonesia diperkirakan sebesar US$25 juta pada 2022. Jumlah itu melonjak lebih dari dua kali lipat dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar US$12,3 juta.

Ada sejumlah alasan mengapa social commerce punya potensi besar untuk berkembang di Indonesia. Menurut Hootsuite, belanja lewat media sosial memberikan pengalaman baru yang lebih interaktif terhadap konsumen dibandingkan e-commerce. Melalui media sosial, konsumen juga dapat dengan mudah membagikan produk yang mereka inginkan atau sudah dibeli kepada temannya.

Lalu, konsumen bisa berkonsultasi kepada temannya ketika ingin membeli suatu produk. Kemudian, media sosial membuat konsumen lebih mudah membeli setelah melihat-lihat berbagai produk. Selain itu, media sosial memudahkan interaksi antara pembeli dengan penjual.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meski dianggap prospektif, pemerintah was-was dengan kehadiran salah satu social commerce yang diluncurkan TikTok, Project S. Sebab, platform tersebut dianggap dapat merugikan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Pasalnya, melalui Project S, Tiktok diduga mampu mengetahui berbagai data barang yang diminati konsumen. Kemudian, mesin algoritmanya mendorong konsumen untuk membeli barang yang diproduksi langsung oleh TikTok.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal bersama media di Rampstar Kitchen, Jl....


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...