Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tahun Ini, BRI Optimis Capai Target Penyaluran KUR

Posted by: 508 viewer

Tahun Ini, BRI Optimis Capai Target Penyaluran KUR
Bank Rakyat Indonesia/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI optimistis bisa mencapai target dari penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) tahun ini dengan menerapkan strategi bisnis berkelanjutan.

Hal itu diutarakan Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, menurut dia, perseroan telah menyalurkan KUR senilai Rp27,2 triliun kepada 561.000 debitur sepanjang Januari-Februari 2024. Dengan realisasi KUR di awal tahun ini, BRI pun optimis dapat mencapai target tersebut.

“Jika dihitung, penyaluran tersebut sekitar 16,5 persen dari total jatah KUR yang disalurkan BRI tahun ini,” kata dia dalam keterangan tertulisnya dikutip Selasa (16/4/2024).

IKLAN INFOBRAND.ID

Supari mencatat, BRI mendapatkan kuota penyaluran KUR terbesar pada tahun 2024, yakni sebesar Rp165 triliun. Adapun strategi bisnis mikro BRI di tahun 2024 akan fokus pada pemberdayaan berada di depan pembiayaan.

BRI, sebagai bank yang berkomitmen kepada UMKM, juga telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi. Sesuai dengan amanah pemerintah, Supari mengatakan bahwa program KUR bertujuan meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif.

Selain itu, program KUR juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Manfaat dari program KUR telah dirasakan oleh para pelaku UMKM, salah satunya Zakiron atau akrab disapa Pak Pong selaku pemilik Sate Klathak Pak Pong di Yogyakarta. Melalui pemanfaatan KUR, kini usahanya telah berkembang pesat.

Pada 2000, dia mengajukan pinjaman modal usaha melalui KUR BRI untuk mengembangkan usahanya. Sate Klathak Pak Pong sendiri dirintis pertama kali pada tahun 1997 dengan mengontrak sebuah kios kecil pinggir jalan berukuran 6x6 meter di daerah Jejeran, Bantul, Yogyakarta.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemudian pada tahun 2010, lewat fasilitas KUR BRI, Pak Pong meminjam modal usaha kembali untuk membeli tanah dan mendirikan bangunan permanen untuk Sate Klathak Pak Pong pusat yang beroperasi hingga saat ini.

Seiring dengan usaha yang semakin berkembang, Sate Klathak Pak Pong kini bisa menyembelih 20-30 ekor kambing dalam sehari untuk pembuatan sate klathak. Bahkan saat akhir pekan dan momen libur panjang, seperti lebaran, usaha kuliner itu bisa menyembelih hingga 40-50 ekor kambing dalam sehari.

“Dengan jumlah tersebut, kami bisa meraih omzet sekitar Rp35-50 juta per bulan,” kata dia.

Menurutnya lagi, rumah makan miliknya itu ramai untuk dijadikan tempat buka puasa bersama selama Ramadhan. Jumlah pengunjungnya juga semakin melonjak menjelang Lebaran dan saat libur Lebaran. Pada momen itu, omzet usahanya bisa meningkat pesat.

“Mungkin karena di akhir-akhir Ramadhan sudah mulai banyak orang yang mudik ke Yogyakarta, sehingga setiap H-5 lebaran Sate Klathak Pak Pong ini selalu ramai sampai H+10 lebaran. Tak jarang, omzetnya bisa mencapai Rp50 juta per bulan,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink

Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink, dipastikan beroperasi di Indonesia setelah sang pemilik, Elon Musk meresmik...


Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?

Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah maraknya produk kecantikan konvensional, inovasi lulur tanpa bilas dari Beautetox menjadi terobosan yang menarik per...


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...