Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

November Mendatang, Perhumas akan Luncurkan Kode Etik Kehumasan Terkait AI

Posted by: 578 viewer

November Mendatang, Perhumas akan Luncurkan Kode Etik Kehumasan Terkait AI
Ilustrasi AI/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) akan meluncurkan kode etik kehumasan berkenaan dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di ajang World Public Relations Forum, yang dijadwalkan berlangsung di Bali dari 19 sampai 22 November 2024.

Ketua Umum Perhumas Boy Kelana Soebroto mengungkapkan, Perhumas saat ini juga bersama-sama dengan Kementerian Kominfo sedang menyiapkan kode etik kehumasan dengan adaptasi adanya artificial intelligence ini. 

"Mudah-mudahan nanti bulan November sudah diluncurkan di World Public Relations Forum," kata dia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dikatakan Boy, World Public Relations Forum 2024 mengangkat tema besar Purposeful Influence for the Common Good, yang mencakup pembahasan tentang pemanfaatan AI.

"AI bukan hanya alat, melainkan mitra strategis dalam evolusi praktik hubungan masyarakat. AI dapat digunakan untuk analisis sentimen, personalisasi pesan, manajemen krisis, hingga otomasi yang bisa membebaskan praktisi humas dari tugas-tugas rutin," ujarnya.

Meski begitu, Boy menekankan, integrasi AI dalam praktik humas perlu dilakukan secara hati-hati untuk memastikan penggunaannya tetap menghormati etika profesional dan tidak mengurangi esensi komunikasi manusiawi.

"Kita perlu memastikan bahwa penggunaan teknologi ini tetap menghormati etika profesional kita sebagai humas dan tidak mengurangi esensi humanis dalam berkomunikasi," jelasnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh anggota Perhumas dan praktisi humas di Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam mengarahkan penggunaan AI yang beretika dan bertanggung jawab, serta memanfaatkan AI untuk mengoptimalkan pekerjaan sambil menjaga esensi komunikasi interpersonal.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Dengan kolaborasi, pendidikan terus-menerus, dan kebijakan yang tepat, kita bisa membentuk masa depan hubungan masyarakat yang tidak hanya efektif, tetapi juga beretika dan berkelanjutan," imbuhnya lagi.

World Public Relations Forum (WPRF) 2024 akan meliputi acara diskusi panel, lokakarya, kesempatan berjejaring, hingga Global PR and Communications Awards.Konvensi Humas Indonesia (KHI) dan Pertemuan Humas Muda Indonesia (PEMUDA) juga akan dilaksanakan di ajang WPRF 2024.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...