Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR

Posted by: 1540 viewer

Membangun Personal Branding: Kunci Kesuksesan Calon Anggota DPR
Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community.

INFOBRAND.ID – Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah dimulai, para calon anggota legislatif (caleg) pun berupaya untuk mendulang suara terbanyak dengan berbagai cara agar dapat melenggang ke Gedung DPR di Senayan.  

Salah satu cara untuk mendulang suara dari para pemilih, tentunya para calon anggota legislatif berupaya untuk meningkatkan personal branding mereka di mata konstituen-nya. Pasalnya, tingkat personal branding yang kuat, Tingkat kepopuleran calon legislatif menjadi alasan seorang pemilih mencoblos nama calon anggta dewan yang terhormat.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia yang juga merupakan Chairman Indonesia Brand Community (IBC) juga menegaskan, dalam perspektif marketing politik citra diri perlu dimiliki oleh siapa saja yang akan tampil di publik seperti presiden, calon legislatif dan hal-hal terkait politik lainnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Dalam era informasi dan komunikasi yang semakin canggih, penting bagi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memahami dan mengoptimalkan personal branding. Personal branding bukan hanya milik para selebriti atau pebisnis terkenal; di dunia politik, kredibilitas dan citra personal memegang peran sentral,” katanya.

Dia pun membagikan manfaat para calon anggota legislatif yang saat ini tengah mengikuti kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar dipilih masyarakat menjadi wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

1. Membangun Kepercayaan Masyarakat
Personal branding menciptakan fondasi kepercayaan antara calon anggota DPR dan masyarakat. Dengan memiliki citra yang konsisten dan positif, calon anggota DPR dapat membuktikan integritas dan dedikasinya kepada kepentingan masyarakat.
 
2. Memperkuat Awareness
Dalam dunia politik, personal brand awareness yang jelas dan kuat sangat penting. Personal branding membantu calon anggota DPR mengidentifikasi nilai-nilai dan pandangan politik mereka, sehingga masyarakat dapat mengenal nama dan mengetahui dengan jelas memahami visi dan misi yang diusung.
 
3. Diferensiasi
Dalam kompetisi politik, setiap calon anggota DPR bersaing untuk mendapatkan dukungan dan suara. Personal branding memberikan keunikan dan diferensiasi, membantu calon anggota DPR untuk menonjol di antara pesaingnya dengan menyampaikan nilai-nilai yang membedakan mereka.
 
4. Mengoptimalkan Komunikasi
Personal branding yang kuat membantu calon anggota DPR menyusun pesan dan komunikasi yang efektif. Dengan mengetahui citra yang ingin dibangun, calon anggota DPR dapat mengarahkan komunikasi mereka agar lebih terarah dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
 
5. Menghadapi Tantangan dan Kontroversi
Dalam kehidupan politik, tidak dapat dihindari adanya tantangan dan kontroversi. Personal branding yang solid membantu calon anggota DPR mengatasi krisis dan kontroversi dengan menjaga integritas dan menjelaskan posisinya secara jelas kepada masyarakat.
 
6. Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat
Personal branding yang baik merangsang keterlibatan masyarakat. Calon anggota DPR yang memiliki citra yang kuat dapat lebih mudah terhubung dengan pemilih potensial, merespons aspirasi masyarakat, dan membuka jalur komunikasi dua arah.
 
7. Meningkatkan Digital Engagement
Personal branding tidak hanya terbatas pada interaksi tatap muka, tetapi juga sangat relevan dalam dunia digital. Calon anggota DPR dapat memanfaatkan platform online untuk membangun engagement dan memperkuat personal branding mereka, mencapai audiens yang lebih luas.
 
“Dengan memahami pentingnya personal branding, calon anggota DPR dapat membangun citra yang meyakinkan, memenangkan dukungan masyarakat, dan akhirnya mewujudkan kontribusi positif mereka dalam mengemban tugas sebagai wakil rakyat,” tandas Tri Raharjo.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...