Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Merevitalisasi Marketing

Posted by: 976 viewer

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Merevitalisasi Marketing
Elvira Jakub, Head of Industry Google Indonesia/INFOBRAND.ID

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital yang terus berkembang, perubahan perilaku konsumen dan kompleksitas pasar menjadi tantangan utama bagi para pemasar. 

Perubahan signifikan dalam perilaku konsumen yang dipicu oleh masuknya digitalisasi. Dalam konteks ini, pandemi COVID-19 mempercepat pergeseran konsumen menuju platform digital. 

"Fenomena ini menciptakan dampak mendalam pada pemasaran, dengan konsumen sekarang memiliki kecenderungan untuk mempertimbangkan lebih dari satu merek sebelum membuat keputusan pembelian," kata Elvira Jakub, Head of Industry Google Indonesia dalam paparannya di Infobrand Summit 2024 belum lama ini.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan perkembangan ini, perjalanan keputusan konsumen menjadi semakin kompleks. Awalnya, kesadaran tentang produk biasanya diikuti oleh keputusan pembelian. 

"Namun, sekarang, terdapat kebingungan dan kekurangan kepercayaan yang menciptakan perjalanan yang lebih panjang dan rumit. AI, menjadi solusi yang efektif untuk menavigasi kerumitan ini," ujarnya.

Elvira menambahkan, dirinya mencatat bahwa penggunaan AI oleh pemasar telah meningkat secara signifikan sejak 2017, dengan sektor seperti otomotif dan telekomunikasi memimpin dalam mengadopsi teknologi ini. 

"Keberhasilan AI terlihat dalam pengurangan biaya dan peningkatan efisiensi operasional," jelasnya.

Selain itu, pertumbuhan AI di Indonesia menurut Elvira, telah mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam adopsi AI di bidang pemasaran. Dengan pertumbuhan sebesar 70 persen, Indonesia menjadi negara pertama dengan tingkat konsumsi digital yang tinggi. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Dengan prospek adopsi digital yang masif hingga 2030, AI dipandang sebagai kunci untuk mencapai keberhasilan dalam kampanye pemasaran," paparnya lagi.

Meskipun AI telah membuka peluang baru, Elvira menegaskan bahwa kesuksesan teknologi ini bergantung pada sumber daya manusia yang mumpuni. Pelatihan dan pengembangan profesional yang fokus pada keahlian AI menjadi kunci untuk memastikan bahwa teknologi ini digunakan dengan maksimal.

"Secanggih apapun pesawat tempur kalau pilotnya biasa saja ya hasilnya biasa saja," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...