Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Posted by: 439 viewer

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
TikTok-Tokopedia/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan Tokopedia, akan membuka jangkauan pasar yang lebih luas bagi para pelaku UMKM.

Dia mengatakan, perpaduan dua raksasa industri digital ini dapat semakin membantu UMKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen potensial.

“Secara sederhana kita harus melihat bahwa mereka (Tiktok dan Tokopedia) membuat pasar yang lebih besar,” kata dia dikutip Antara, Selasa (24/4/2024).

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Edy lagi, dengan adanya pasar baru, konsumen juga cenderung akan semakin rajin untuk berbelanja, sehingga kondisi ini akan membuka peluang bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Dia menambahkan, prinsip sederhana merger ini adalah untuk meningkatkan minat konsumen berbelanja dan membuka peluang lebih besar bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka dengan lebih baik.

Setelah Tiktok mengumumkan kerja samanya dengan Tokopedia pada 12 Desember 2023, Tokopedia pada awal bulan ini menyatakan bahwa proses migrasi Tiktok Shop ke Tokopedia sudah rampung pada 27 Maret 2024. Migrasi ini disebut telah memenuhi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Seiring dengan selesainya proses migrasi ini, TikTok Shop berganti nama menjadi Shop Tokopedia.

Kementerian Perdagangan mengatakan pada Shop Tokopedia telah memiliki Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TDPSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara itu, Kementerian Koperasi dan UKM mencatat kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sangat signifikan, yaitu mencapai 61 persen pada 2023, dan menyerap 97 persen atau sekitar 119,6 juta orang dari total tenaga kerja di Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink

Resmi Beroperasi, Ini Harga dan Cara Berlangganan Starlink
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Penyedia jasa internet berbasis satelit, Starlink, dipastikan beroperasi di Indonesia setelah sang pemilik, Elon Musk meresmik...


Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?

Inovasi Lulur Tanpa Bilas Pertama Di Indonesia dari Beautetox, Seperti Apa?
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah maraknya produk kecantikan konvensional, inovasi lulur tanpa bilas dari Beautetox menjadi terobosan yang menarik per...


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...