Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

OVO Terus Pacu Digitalisasi UMKM di Indonesia

Posted by: 1741 viewer

OVO Terus Pacu Digitalisasi UMKM di Indonesia
● Survei CORE Indonesia menyebutkan bahwa 70 persen UMKM mengalami peningkatan penjualan sejak menerima pembayaran melalui OVO

JAKARTA, INFOBRAND.ID - OVO, platform pembayaran digital terdepan di Indonesia memprakarsai dialog dengan akademisi dan ekonom untuk mengakselerasi transformasi digital bagi pelaku UMKM nasional, melalui Kuliah Umum dan Diskusi Panel Digitalisasi UMKM: Daya Dorong Ekosistem Digital & Demokratisasi Ekonomi Indonesia yang diselenggarakan bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berlangsung secara hybrid pada Selasa, 8 Maret 2022.

Diawali dengan kuliah umum bertema Menuju Presidensi G20 Indonesia 2022: Digitalisasi UMKM: Daya Dorong Ekosistem Digital & Demokratisasi Ekonomi Indonesia oleh Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi panel bersama Dekan FEB UGM, Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Ak., C.A, anggota Steering Committee IFSoc dan pendiri CORE Indonesia, Hendri Saparini Ph.D, Country Managing Director Grab, Neneng Goenadi, Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra dan pemilik UMKM Mamah ke Jogja, Zaskia Mecca.

Dalam paparan kuliah umum, Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menekankan pentingnya digitalisasi UMKM  dalam rangka mendukung transformasi ekonomi berbasis digital sebagai salah satu agenda utama Presidensi G20 Indonesia. Pada tahun 2022 ini, pemerintah telah menganggarkan Rp455,62 triliun dalam Program Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) untuk tahun 2022. Anggaran tersebut terdiri dari klaster kesehatan sebesar Rp122,5 triliun, perlindungan masyarakat sebesar Rp154,8 triliun dan klaster penguatan pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp178,3 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Untuk penguatan digital, pemerintah mengalokasikan Rp13 triliun dari PEN 2022 untuk mempercepat pembangunan infrastruktur digital, termasuk di sejumlah destinasi prioritas. Harapannya, semakin banyak UMKM di berbagai wilayah prioritas dapat masuk ke dalam ekosistem digital dan menjadi pondasi yang penting untuk pemulihan ekonomi nasional,” kata Airlangga di acara tersebut.

Pendiri CORE Indonesia dan ekonom senior, Hendri Saparini Ph.D., juga menyebutkan digitalisasi telah menyelamatkan Indonesia selama pandemi serta menciptakan peluang untuk tumbuh lebih inklusif. Di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat selama pandemi COVID-19, konsumsi rumah tangga tetap menjadi salah satu penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi nasional. Pada tahun 2021 konsumsi rumah tangga hanya bisa bertumbuh sebesar 2,02 persen, masih di bawah capaian sebelum pandemi yakni sebesar 5 persen.

“Digitalisasi membantu UMKM untuk terus bergerak di tengah pemulihan ekonomi nasional. Masyarakat dapat dengan mudah berbelanja di UMKM berkat adanya platform digital. Pemerintah Indonesia perlu terus mendorong investasi skala kecil menengah sebagai upaya menciptakan lapangan pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat hingga UMKM dapat terus bergerak dan naik kelas,” tutur Hendri.

Sebagai contoh nyata manfaat digitalisasi bagi UMKM, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi memaparkan bagaimana ekosistem Grab dan OVO telah menjadi penggerak utama transformasi digital kepada jutaan UMKM dan mitra, yang setelah bergabung dengan Grab dan OVO, mulai dapat mengakses pasar digital. “Kami percaya melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan soft-skill, serta didukung jaringan ekosistem Grab yang luas, para pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas mereka untuk berkembang dan bersaing di era ekonomi digital. Dengan bekal keterampilan digital, kami berharap para mitra UMKM dapat membangun ketahanan bisnis yang baik serta mendapatkan peluang pendapatan baru berkat akses ke pasar yang lebih luas,” ungkap Neneng.

Menyambung topik tersebut, Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra menyampaikan bahwa bergabungnya UMKM dalam ekosistem digital OVO telah membawa berbagai peluang. Dalam survei yang dilakukan CORE Indonesia bersama OVO terhadap 2.001 pelaku UMKM mitra OVO ditemukan bahwa mereka mencatat peningkatan pendapatan bulanan hingga 27 persen dan pendapatan harian mencapai 30 persen.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Data-data tersebut menggarisbawahi potensi besar ekosistem digital dalam mendorong demokratisasi ekonomi nasional di sektor UMKM. Selain memberi manfaat besar bagi pengguna, kehadiran OVO telah terbukti memiliki dampak yang besar bagi para merchant. Saat ini, OVO sudah memiliki lebih dari 1,3 juta merchant yang terhubung dengan standar koder QR Nasional (QRIS), di mana 95 persen lebih merupakan UMKM. Survei CORE tersebut, memetakan dampak positif ekosistem digital terhadap inklusi keuangan pelaku UMKM, di mana 85 persen pelaku mulai mengenal layanan perbankan sejak menerima OVO, dan 68 persen memiliki akses lebih luas terhadap layanan keuangan.”

Dekan FEB UGM, Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Ak., C.A. menjelaskan Indonesia adalah pasar terbesar transaksi online di Asia Tenggara, hal tersebut disebabkan oleh tingginya penggunaan telepon seluler dan generasi millenial yang cerdas dan akrab di dunia digital. Selain itu, semakin banyaknya keterlibatan pengusaha atau UKM dalam perdagangan daring, investasi dalam perdagangan daring serta dukungan kebijakan pemerintah.

“Era digital menumbuhkan dan memeratakan ekonomi Jawa dan non-Jawa. Saat ini kita dapat melihat bagaimana seorang Ibu Rumah Tangga tetap bisa mendapat penghasilan walau hanya di rumah berkat platform digital. Untuk itu, sumber daya manusia (SDM) menjadi sangat krusial agar masyarakat dan UKM Indonesia mendapatkan manfaat maksimal dari hadirnya berbagai perusahaan teknologi. Kurikulum UGM terus beradaptasi agar dapat mencetak SDM-SDM untuk menjadi pelaku di era digital,” tutup Didi.

Untuk meningkatkan kompetensi serta pemahamanan mahasiswa terkait perkembangan ekonomi digital, OVO kembali meluncurkan Fintech Academy sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, mendorong literasi keuangan digital di Indonesia. Bermitra dengan Universitas Gadjah Mada, inisiatif ini merupakan upaya OVO, sebagai pelaku industri digital untuk merealisasikan visi Indonesia sebagai negara ekonomi digital terkuat di Asia Tenggara, untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan siap menjadi ujung tombak bergeraknya roda ekonomi digital Indonesia.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...


OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024

OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yakni beribadah haji ke Mekkah begitu tinggi, me...


Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah persaingan smartphone yang semakin sengit, produsen dituntut untuk terus menghadirkan produk inovatif agar dapat mer...


Ini Jajaran Peraih Top Innovation Choice Award dan Penghargaan Pertama Di Indonesia 2024

Ini Jajaran Peraih Top Innovation Choice Award dan Penghargaan Pertama Di Indonesia 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Dunia bisnis yang berubah secara cepat, menjadikan inovasi sebagai landasan utama untuk memanjakan konsumen dan membentu...