Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ketika Brand Berselancar di Ombak Besar Pandemi & New Normal

Posted by: 2995 viewer

Ketika Brand Berselancar di Ombak Besar Pandemi & New Normal
Ilustrasi

JAKARTA, INFOBRAND.ID – “Dunia bisnis bukan seperti danau, dimana pemain bisnis bisa menikmati keindahannya. Namun lautan merah dengan ombak besar dan intaian hiu lapar. Menjadi peselancar adalah tantangan untuk menghadapinya,” demikian Head of Magister Management, Faculty of Economics & Business Airlangga University, Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA dalam pernyataannya saat menjadi narasumber webinar yang diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan Magister Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair serta Komunitas Indonesia Brand Network (IBN) pada Rabu (20/5) lalu.

Sesuai dengan tema webinar, “How to Surf in Big Wave Ocean”, Gancar mengatakan bahwa saat ini baik individu maupun institusi tengah merasakan kecemasan wabah covid-19 yang semakin masif terjadi di Indonesia. Hal tersebut dipicu dari berbagai informasi dan updating jumlah korban terjangkit dan meninggal dunia.

“Perubahan dunia yang kita hadapi saat ini bukanlah suatu hal yang perlu dipermasalahkan lagi. Yang menjadi masalah adalah ketika kita menghadapi perubahan yang radikal dan evolutif sehingga memunculkan kondisi yang berbeda, yang disebut normalitas baru (new norm). Elemen VUCA yakni Volatility - Uncertainty - Complexity – Ambiguity yang kita hadapi menjadi berbeda karena lebih dinamis, radikal dan revolusioner. Kondisi yang terjadi di saat wabah pandemi covid-19 merupakan VUCA dengan memberikan beberapa kondisi berbeda,” jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Gancar, informasi yang menyebar melalui media sosial tentunya telah menjadikan ambiguitas informasi meningkat lebih cepat serta membawa berbagai risiko, bukan hanya risiko kesehatan saja, tapi juga merambah pada risiko bisnis, ekonomi dan sosial serta menjadikan ketakutan di berbagai sektor.

“Rasa takut ini dapat diamati dari produk-produk yang dibeli konsumen, Nielsen mendapatkan bahwa penjualan untuk produk-produk higienitas dan medis meningkat hingga rata-rata 300%. Hasil yang sama juga didapatkan dari riset oleh INFOBRAND.ID,” ujarnya.

Mengutip pernyataan Robert Craven, Gancar menyampaikan, para pelaku bisnis harus belajar dari para peselancar. Selain itu, belajar menjadi peselancar juga dimunculkan oleh Rick Hansen yang berkaitan dengan bagaimana pemimpin membentuk tim dalam organisasinya.

“Peselancar hebat akan menyukai ombak besar dan merasa laut yang tenang malah menjemukan. Ia menjadikan ombak besar adalah sebagai tantangan dalam permainan olahraganya. Beda dengan orang biasa yang melihat laut sebagai sesuatu yang menakutkan,” kata dia.

Dari peselancar, lanjutnya, hal pertama yang harus diingat adalah masalah mindset. Dimana ombak besar yang terjadi adalah obyek yang sama, namun dipersepsikan berbeda antara orang biasa dan peselancar.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kalau orang biasa menganggapnya sebagai suatu hal yang menakutkan, namun peselancar melihatnya sebagai sebuah tantangan yang menarik. Intinya adalah bagaimana dalam kondisi di lautan merah dengan hiu yang mengintai malah menjadi pemasukan bagi sebuah institusi, maka harus belajar dari peselancar profesional,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...