Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen

Posted by: 6229 viewer

Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen
Produk Cyn Bali.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu tahun. Tidak hanya menjadi tantangan dalam kesehatan, pandemi juga memberi dampak besar terhadap perekonomian. Pelaku UMKM menjadi salah satu sektor yang menghadapi tantangan, termasuk untuk mengalihkan bisnis ke digital agar tetap terhubung dengan konsumen.

Namun berkat kreativitas pelaku UMKM dapat bangkit dan mengembangkan bisnisnya. Ini seperti dilakukan oleh Cyn Bali berhasil membuat desain baru untuk produknya yang diminati oleh konsumen, dengan mengikuti Google Trends untuk memahami minat konsumen.

Berawal dari hobi membuat kerajinan tangan saat di bangku perkuliahan, Cokorda Istri Julyana Dewi atau akrab disapa Yana bersama sahabatnya mulai membuat usaha kerajinan tangan aksesori bagi perempuan dari bahan kancing baju, manik-manik, rantai, dan lain-lain. Beragam jenis aksesori dibuat seperti cincin, gelang, dan kalung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dewi mengungkapkan, bisnisnya yang dimulai pada 2015 berlokasi di Bali yang sangat mengandalkan sektor pariwisata untuk roda perekonomian. Selama pandemi yang berdampak pada menurunnya jumlah wisatawan, membuat satu-satunya toko Cyn Bali yang berlokasi di Monkey Forest, Ubud terpaksa tutup sementara.

“Padahal, sebelum pandemi pelanggannya merupakan wisatawan yang datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Mereka mengetahui usaha peraknya dari Profil Bisnis dan Google Maps,” ungkap Dewi.

Tak hanya itu, kesulitan lain yang dialaminya yaitu karena kegiatan atau acara spesial yang seringkali menggunakan aksesori atau perhiasan buatannya berkurang, hal ini berdampak pada pesanan yang juga ikut menurun. Berbekal pengetahuan yang ia dapat dari pelatihan Women Will, Yana kini mengandalkan penjualan produknya secara online baik di marketplace maupun media sosial.

Tak hanya itu, di masa pandemi Dewi mencoba memanfaatkan Google Drive agar tetap terhubung dengan tim. Melalui Google Drive, dia bisa membagikan sekaligus mengedit data dan foto-foto dengan tim. Selain itu juga menggunakan Google Sheets untuk memudahkan mengatur stok dan pesanan.

Perempuan kelahiran Denpasar 30 tahun lalu ini juga terus melakukan inovasi dan memperbarui pengetahuannya tentang pemasaran, agar Cyn Bali tetap maju meski hanya dipasarkan secara online. Perempuan kelahiran Denpasar 30 tahun lalu ini mencoba untuk tetap berkreasi dengan membuat desain-desain yang lebih simple namun unik dan dalam ukuran yang lebih kecil.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tujuannya adalah agar harga dari Cyn Bali masih terjangkau dan dapat bersaing. Selain itu saya juga terus mengupdate pengetahuan dan ilmu saya agar bisnis ini tetap bisa bertahan., salah satunya belajar materi-materi yang ada di Google Primer karena dikemas secara singkat dan menjadi mudah dipahami. Saya juga selalu mengikuti tren yang tengah diminati melalui Google Trends,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Minuman Berkolagen, Flimbeauty Flimcol Raih Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produk minuman kesehatan Flimbeauty Flimcol berhasil memperoleh penghargaan di bidang inovasi dari media INFOBRAND.ID yang bek...


Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma

Arumi Smart Diffuser, Hadirkan Inovasi Terbaru dalam Dunia Aroma
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah keberagaman tren wewangian, diffuser wewangian menjadi sebuah perangkat yang tidak hanya mampu untuk menyebark...


Melalui Titanium, Emrys Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Melalui Titanium, Emrys Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah industri perhiasan terus berkembang, salah satu tren yang semakin mendapatkan perhatian adalah penggunaan tita...


Kuartal I 2024, Laba Bersih Astragraphia Meningkat 17 Persen

Kuartal I 2024, Laba Bersih Astragraphia Meningkat 17 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Astra Graphia Tbk (ASGR) (“Astragraphia”) membukukan laba bersih konsolidasian selama kuartal pertama 2024 sebe...