Jum'at, 25 Juni 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

WIN Way Champions

Posted by: 14-07-2017 11:08 WIB 971 viewer

WIN Way Champions
Menteri Pariwisata Arief Yahya

Berbagai capaian menggembirakan yang kita dapat beberapa waktu lalu adalah cambuk bagi kita untuk tancap gas bekerja lebih cepat lagi. Pertumbuhan jumlah kunjungan wisman lebih dari 20% dibanding tahun lalu di saat pesaing-pesaing kita melambat adalah momentum yang dahsyat.  

Persaingan ke depan adalah siapa yang cepat memakan yang lambat. Bukan yang besar mengalahkan yang kecil. Kalau para regulator masih lelet, maka daya saing negeri ini tidak akan sanggup berkompetisi di level global. Dari situlah kita harus memperbaiki diri, dengan membangun corporate culture, untuk mengubah kebiasaan lama yang buruk. Misi terbesar saya saat memimpin adalah membentuk sebuah perusahaan atau organisasi yang berkarakter dan memiliki daya saing global.  Corporate Culture menjadi pilar pembentuk karakter.

Sejalan dengan revolusi mental yang dicanangkan Presiden, saya juga menetapkan sebuah corporate culture atau budaya kinerja untuk Kemenpar yang saya beri nama WIN-Way atau Wonderful Indonesia Way! Jurus atau budaya kerja untuk memenangi kompetisi, yaitu dengan Solid, Speed, dan Smart (3S).

Untuk memacu kinerja dari setiap unit perlu suatu cara agar semua unit bekerja dengan kapasitas maksimum (all out). Untuk itu, cara yang paling efektif adalah dengan melombakannya. Pada dasarnya setiap manusia tidak mau mengalah satu sama lain. Dan jika kita bisa mengarahkannya untuk hal-hal yang baik, sifat ini bisa membuat kita selalu memiliki semangat tinggi dalam memenangkan kompetisi.

Karena itulah saya meminta Prof. Ahman Sya selaku Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan untuk mengadakan program WIN Way Champions (WWC) sebagai tolok ukur peningkatan budaya kinerja di Kemenpar. WWC bertujuan untuk membangun karakter pemenang dengan budaya kerja (3S).

Perlu diketahui, semua perusahaan besar, punya budaya kerja yang menancap kuat di semua level. Korporasi raksasa dunia, General Electric (GE) ditangan John Francis Welch Jr melahirkan The GE Way. Tujuh prinsip yang dipegang teguh Jack Welch itu mengubah budaya lama, dan membangun budaya kerja baru.

Saking pentingnya sebuah corporate culture, Seorang pemimpin seperti Jack Welch sangat menanamkan spirit untuk menjadi yang nomor satu. Atau jika terpaksa menjadi nomor dua “bolehlah”. Akan tetapi dia mempersilakan karyawan GE yang “berhasil tetapi tidak menggunakan cara-cara GE (GE Way - values dan spirit GE)” untuk keluar dari GE. Saya juga menginginkan Kemenpar melakukan hal yang sama. Setiap “bukit-bukit kemenangan” haruslah dicapai dengan cara-cara WIN Way.

Solid untuk menegaskan agar sesama regulator itu harus kompak, bersatu, membangun Indonesia Incorporated. Jangan karena berbeda kepentingan, masing-masing pihak saling mengunci, saling memveto, saling bertengkar, yang membuat program tidak bisa running. Jangan juga ada konflik kepentingan di level regulator atau pemerintah.

Speed, dimaksudkan agar program itu berjalan dengan cepat. Aturan-aturan yang njelimet harus disederhanakan agar bisa bergerak lebih cepat.

Sementara Smart adalah cara  bekerja yang cerdas. Yang terbaik adalah benchmark. Bandingkan diri kita, organisasi kita, dengan yang lain. Para pesaing, dan musuh atau rival kita sudah melakukan apa.

Melalui WIN Way, saya ingin setiap insan Kemenpar bermental pemenang, bukannya pecundang. Setiap insan Kemenpar harus mampu menciptakan “bukit-bukit kemenangan” dan secara terus-menerus.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


BTS Meal : Gebrakan McDonald’s di Tengah Pandemi

BTS Meal : Gebrakan McDonald’s di Tengah Pandemi
Kehebohan tiba-tiba melihat antrian panjang di hampir seluruh outlet McDonald’s di Indonesia bahkan negara lain di dunia mengundang untuk mengan...


Bisnis Online dan Digital Branding

Bisnis Online dan Digital Branding
Tren pembelian online di masa new normal memicu perkembangan bisnis online di Indonesia. Di balik kondisi ekonomi yang menurun, justeru ada titik tera...


Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis

Pentingnya Menerapkan Strategi Marketing Iblis Pada Bisnis
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan bahwa...


Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global

Sertifikat Halal Dapat Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM di Tingkat Global
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Prof.Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D  Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI mengataka...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS




Index