Kamis, 28 Oktober 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Tokopedia: UMKM Maker dan Reseller Lokal Jadi Kunci Ekonomi Nasional

Posted by: 17-09-2021 09:49 WIB 210 viewer

Tokopedia: UMKM Maker dan Reseller Lokal Jadi Kunci Ekonomi Nasional
Foto dari Tokopedia

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menurut sebuah riset terbaru, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer di kalangan UMKM. “Ini dikarenakan Tokopedia dinilai memberikan frekuensi transaksi tersering, memiliki kualitas fitur terbaik yang mudah dioperasikan oleh penjual hingga memberikan omzet penjualan terbesar bagi para UMKM,“ ungkap AVP of Product Tokopedia, Puput Hidayat.

Selain itu, para UMKM menilai Tokopedia unggul dalam memberikan manfaat, antara lain membuka akses terhadap pasar nasional, memberi dukungan terhadap produk atau UMKM lokal dan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual.

Di sisi lain, data internal Tokopedia mencatat kini ada lebih dari 11 juta penjual di platform-nya dan hampir 100% UMKM. “UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker (produsen) maupun reseller. Mereka sama-sama berkontribusi pada perekonomian digital,” jelas Puput.

Ia menambahkan bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi. Songket PaSH dan Ikan Asin Medan adalah contohnya.

Produsen Songket PaSH, Kiagus Adit dari Palembang, menyatakan, “Meski penjualan sempat menurun hingga 60% di awal pandemi, pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualan kami kembali stabil. Omzet kami kini bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan.”

Adit pun memberikan tips untuk UMKM khususnya maker dalam berjualan, “Pertama, cari tahu produk yang paling laku, lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga jual. Setelah itu ciptakan brand awareness, salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia, misal TopAds, atau pasang harga lebih murah. Kecepatan dalam merespon chat pelanggan juga menjadi kunci.”

Pemilik Ikan Asin Medan, Tanoto Frans, UMKM reseller yang memberdayakan puluhan nelayan Medan, mengungkapkan, “Lebih dari 85% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Omzet bulanan kami kini mencapai ratusan juta rupiah,” ungkap Frans.

Frans juga membagikan tips jualan sebagai UMKM reseller, “Harus teliti memilih supplier yang tepat agar kualitas produk selalu terjamin karena supplier tersebut akan menjadi mitra jangka panjang penjual. Kita juga harus memahami kebutuhan masyarakat dan tidak berhenti berinovasi.”

Tokopedia di sisi lain aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal. Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller hingga media sosial. Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti Bangga Buatan Indonesia, TokoMart, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Astra Serahkan 2 Unit Mobil Vaksinasi kepada Polres Metro & Kodim Jakarta Utara

Astra Serahkan 2 Unit Mobil Vaksinasi kepada Polres Metro & Kodim Jakarta Utara
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam rangka mendukung pemerintah menyukseskan program percepatan vaksinasi demi terwujudnya kekebalan pada kelompok masy...


Pegadaian Bareng JNE Perluas Akses Masyarakat terhadap Produk dan Layanan  Pegadaian

Pegadaian Bareng JNE Perluas Akses Masyarakat terhadap Produk dan Layanan Pegadaian
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Untuk memperluas jangkauan pelayanan agar masyarakat semakin mudah mengakses produk Pegadaian, perusahaan terus menjalin kolab...


Hari Listrik Nasional ke-76, Anak Usaha PLN Dorong Kelistrikan Lewat PJB Connect 2021

Hari Listrik Nasional ke-76, Anak Usaha PLN Dorong Kelistrikan Lewat PJB Connect 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-76, anak usaha PT PLN (Persero), PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) menggelar pameran dan k...


Peringati Hari Santri, Evermos Dukung Kesejahteraan Bangsa

Peringati Hari Santri, Evermos Dukung Kesejahteraan Bangsa
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Sejak tahun 2015, Hari Santri diperingati tiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22. Dalam peringatan...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR






Index