JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dua brand lokal terkemuka, Maxim dikenal dengan produk alat masak dan Kintakun untuk produk sprei dan bedcover, membagikan tips meraih untung berkali-kali lipat dalam berjualan online. Salah satunya dengan memanfaatkan TokoCabang, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) dari Tokopedia.
Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra mengungkapkan, kehadiran TokoCabang di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan dan Palembang, diharapkan dapat menjawab tantangan logistik antar pulau dan membantu pelaku usaha memaksimalkan keuntungan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh penjuru.
Adapun tips untuk meraih untung berkali-kali lipat dalam berjualan online antara lain:
1. Hadirkan Inovasi yang Relevan
Sama-sama berawal dari kanal offline, Maxim dan Kintakun berinovasi memanfaatkan kanal digital dalam berbisnis, sebagai upaya untuk terus relevan dengan tren dan kebutuhan masyarakat.
General Manager Maxim, Dwiarta Alim mengatakan, platform digital seperti Tokopedia membantu meningkatkan kepuasan pelanggan lewat berbagai fitur maupun layanan, salah satunya TokoCabang.
“Sejak menggunakan TokoCabang pada Mei 2020, pesanan naik hingga 2x lipat,” ujar Dwiarta.
Sementara, Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputera, mengungkapkan, TokoCabang bisa mendorong kenaikan pesanan di toko kami lebih dari 3x lipat. Pihaknya juga terus melakukan inovasi produk untuk mempertahankan pelanggan dan menarik calon pembeli baru.
2. Maksimalkan Potensi Sekitar
Vincent menjelaskan bahwa bisnisnya berangkat dari kondisi dan potensi masyarakat sekitar. Itu seperti yang dilakukan oleh Kintakun, yang mengawali bisnis dengan membuka peluang bisnis dengan memberdayakan karyawan yang terkena PHK dari sebuah yang bangkrut pabrik dekat rumahnya kala itu.
3. Puaskan Lebih Banyak Pembeli
TokoCabang memungkinkan penjual menitipkan stok di gudang-gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi. Untuk menjangkau pembeli baru sekaligus mengatasi lonjakan pesanan, Dwiarta menyarankan penggunaan layanan TokoCabang karena layanan pengiriman yang cepat dan hemat tentu menjadi incaran masyarakat.
“Lonjakan pesanan di toko kami yang mencapai 3.000 transaksi per bulan dapat teratasi dengan baik berkat pemanfaatan TokoCabang. Mulai dari menerima pesanan, mengemas hingga mengantarnya ke kurir, semua bisa dibantu oleh TokoCabang,” jelas Dwiarta.
4. Pakai Bebas Ongkir Extra
Ada beberapa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan penjual di TokoCabang, salah satunya Bebas Ongkir Extra. Dengan adanya fitur ini, pembeli Kintakun dari berbagai daerah, seperti Maluku dan Papua, tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengiriman.
5. Kelola Stok Produk dengan Baik
Melalui banyaknya fitur hingga pembaruan dasbor yang lebih komprehensif, TokoCabang memudahkan pelaku usaha mengelola stok produk. TokoCabang sangat membantu proses operasional Maxim sehingga dapat fokus mengembangkan produk dan bisnis dengan lebih mudah.