Rabu, 28 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Strategi Blibli Ciptakan Kepuasan Pelanggan Melalui Ekosistem Terintegrasi

Posted by: 1494 viewer

Strategi Blibli Ciptakan Kepuasan Pelanggan Melalui Ekosistem Terintegrasi
Kusumo Martanto dalam Anniversary Blibli ke-11.

INFOBRAND.ID - Memasuki usia 11 tahun Blibli terus meningkatkan kualitas dan pengalaman belanja yang seamless; meningkatkan fitur dan layanan yang relevan melalui ekosistem terintegrasi. Tidak hanya itu, platform belanja dan lifestyle terpercaya di Indonesia ini turut berperan aktif mendukung pengembangan ekonomi digital sekaligus mengurangi dampak lingkungan.

Hal tersebut ditegaskan CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto ketika berkeliling kantor Blibli bersama para jurnalis di acara Open House di gedung Sarana Jaya Jakarta. Menurutnya Blibli mengapresiasi kepercayaan dan dukungan pelanggan, termasuk mitra seller, brand dan business partner, pemerintah serta media.

“Pencapaian hari ini tidak membuat kami berpuas diri, melainkan jadi motivasi untuk terus relevan, berdaya saing dan memberikan solusi inovatif,” ungkap Kusumo, dalam keterangan media, Senin (25/7/2022).

IKLAN INFOBRAND.ID

Kusumo menambahkan, untuk itu Blibli fokus pada pengembangan ekosistem yang terintegrasi antara saluran luring dan daring juga strategi omnichannel untuk mengakomodir kenyamanan berbelanja offline maupun online. Selama sebelas tahun meramaikan industri digital Indonesia, Blibli terus mengembangkan kapabilitas dan kapasitas layanan agar terus relevan bagi kebutuhan pelanggan yang dinamis dari waktu ke waktu.

“Sebagai perusahaan teknologi, kami bekerja berdampingan dengan perubahan, sehingga, kecepatan beradaptasi dan menjaga relevansi bisnis adalah etos kerja yang kami terapkan dalam mengembangkan Blibli,” imbuh Kusumo.

Peringatan ulang tahun ke-11 juga ditandai dengan kian lengkapnya ekosistem Blibli, yaitu lewat sinergi bersama PT Supra Boga Lestari–supermarket premium Ranch Market dan Farmers Market. Blibli fokus pada solusi omnichannel yang komprehensif di berbagai kategori produk mulai dari groceries hingga consumer electronics.

Executive VP Consumer Goods and Lifestyle Blibli Fransisca Krisantia Nugraha menyampaikan bahwa, bergabungnya Ranch Market dan Farmers Market ke dalam ekosistem Blibli memperkuat posisi perusahaan sebagai penyedia layanan e-groceries terdepan di Indonesia. Dengan jaringan supermarket di bawah PT Supra Boga Lestari, ekosistem Bliblimart kini telah terintegrasi dengan lebih dari enam puluh gerai dari Ranch Market Group, dan Ranch Market Official Store.

“Hal ini kami lakukan untuk memastikan kenyamanan bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti produk segar, bahan masakan, hingga kebutuhan ibu dan anak dengan kualitas yang prima,” ujar Fransisca.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk melengkapi ekosistemnya, Blibli juga telah membuka toko ritel offline BlibliStore agar dapat lebih dekat kepada pelanggan. Sejak awal tahun 2021 hingga saat ini, Blibli telah membuka 87 gerai tukar tambah gawai, baik itu secara independen maupun berkolaborasi bersama dengan mitra brand. Wisnu Iskandar, Executive VP Consumer Electronics Blibli menambahkan, Blibli Store merupakan jawaban kami atas permintaan pelanggan.

“Tak bisa dimungkiri, masih banyak masyarakat yang lebih nyaman untuk berbelanja secara offline, termasuk dalam membeli perangkat elektronik,” kata Wisnu.

Ia menambahkan, langkah terintegrasi ini memberikan pengalaman ritel yang seamless dan memuaskan bagi pelanggan dalam mendapatkan gadget idaman. Belum lama, Blibli juga berkolaborasi dengan tiket.com yang memberi nilai tambah bagi para pelanggan. Melalui integrasi layanan e-commerce dan online travel agent pertama di Indonesia, pengguna bisa menggabungkan keanggotaan dari kedua aplikasi untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari pemenuhan kebutuhan harian dan gaya hidup, mulai dari belanja keperluan rumah tangga, beli gadget, alat elektronik, dan fashion, hingga kebutuhan rekreasi serta perjalanan.

David Michum, SVP O2O Blibli juga menambahkan, ekosistem terlengkap dari Blibli tentunya tidak terlepas dari solusi omnichannel komprehensif yang diberikan. Hingga saat ini, Blibli mencatat >9,500 merchant Blibli InStore, >12,000 pick up point Click & Collect, dan Blibli Mitra yang telah menghadirkan solusi bisnis digital terpadu bagi >100 ribu mitra di 34 provinsi.

Blibli juga menawarkan customer journey yang lebih baik lagi bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Solusi omnichannel Blibli pun didukung dengan layanan bernilai tambah seperti jaminan 100% produk orisinal, pengiriman 2 Jam Sampai, Trade-In, dan Insurance untuk memberikan kepuasan lebih bagi pelanggan.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Blibli mengintegrasikan pendekatan online dan offline secara seamless untuk menghadirkan pengalaman ritel yang lebih baik dan nyaman bagi pelanggan. Ke depan, kami berkomitmen untuk terus memperkuat prinsip customer-centric dalam strategi omnichannel perusahaan sehingga solusi yang diberikan dapat menjawab permintaan pelanggan secara berkelanjutan apa pun kebutuhannya,” tutup  David Michum.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Rekor, Laba Bersih FIF Capai Rp4,1 Triliun di Tahun 2023

Rekor, Laba Bersih FIF Capai Rp4,1 Triliun di Tahun 2023
INFOBRAND.ID - PT Federal International Finance (FIF), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, mencatat laba bersi...


Olenka Kembali Gelar Kampanye Minat Baca di Jakarta

Olenka Kembali Gelar Kampanye Minat Baca di Jakarta
INFOBRAND.ID - Olenka kembali menggelar kampanye minat baca bertajuk “Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca Sejak Dini” di SDN Kuningan...


InfoEkonomi.ID Segera Selenggarakan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID Segera Selenggarakan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024
INFOBRAND.ID - InfoEkonomi.ID sebagai media online yang menyajikan berita-berita ekonomi, keuangan, dan bisnis di Indonesia terdepan kembali akan meng...


Gelar Startup Studio Indonesia Batch 8, Kominfo Gandeng 17 Startup

Gelar Startup Studio Indonesia Batch 8, Kominfo Gandeng 17 Startup
INFOBRAND.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memulai program akselerator Startup Studio Indonesia Batch 8. Menggandeng 17 sta...