Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Strategi 3R Untuk Pelaku Bisnis: Rebound, Reboot dan Reborn

Posted by: 5161 viewer

Strategi 3R Untuk Pelaku Bisnis: Rebound, Reboot dan Reborn
Managing Partner Inventure Indonesia, Yuswohady

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Managing Partner Inventure sekaligus Program Director Indonesia Brand Forum (IBF), Yuswohady mengatakan bahwa sedikitnya ada tiga strategi khusus yang diyakini dapat membantu para pelaku bisnis untuk bangkit dari masalah krisis COVID-19. Adapun tiga strategi yang dimaksud yakni 3R atau Rebound, Reboot, dan Reborn.

“Kalangan bisnis saat ini menghadapi tantangan memasuki masa new normal dimana perilaku konsumen, kompetisi, dan lanskap bisnis berubah demikian drastis. Perubahan ini menyebabkan bisnis-bisnis yang "high-touch" berguguran. Karena itu, urgensinya bagi kalangan bisnis adalah bagaimana mereka merespons kenormalan baru agar bisa survive, recover, dan akhirnya menemukan momentum growth,” kata Yuswohady dalam pembukaan acara IBF 2020 pada Selasa (30/6) kemarin yang diselenggarakan secara virtual.

Menurutnya, Rebound adalah strategi bottoming-up untuk kembali bangkit setelah beberapa bulan dihajar krisis COVID-19. Dia juga menyampaikan bahwa dalam strategi Rebound ini setiap brand harus merombak dan merekonstruksi kembali value proposition yang ditawarkan ke konsumen.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Karena di era low-touch economy banyak value proposition yang sudah usang dan tak relevan lagi sehingga harus dirombak dan diredefinisi,” kata dia.

Sementara itu, lanjut Yuswohady, ReBoot yang merupakan strategi creative distruction dalam rangka menemukan kembali model bisnis yang fit dengan kondisi pandemi. Dia pun menyamakan ide ini dengan Ctrl-Alt-Del dalam operasi komputer yang dapat diterapkan terhadap model bisnis perusahaan, sehingga relevan dengan kondisi di kenormalan baru.

Kemudian yang terakhir adalah ReBorn yaitu strategi untuk membangun kembali identitas baru di kenormalan baru. Karena kata dia, ketika value proposition dan business model berubah, maka brand DNA akan berubah dan otomatis brand identity juga harus berubah.

“Untuk itu, penting bagi setiap pemain bisnis di kenormalan baru untuk membangun kembali brand dengan memperkenalkan dan memperkuat identitas baru,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...