Selasa, 31 Januari 2023

Follow us:

infobrand

infobrand

Satgas Waspada Investasi Imbau Masyarakat Waspadai Fintech Peer to Peer Lending Tidak Berizin

Posted by: 27-07-2018 10:09 WIB 1500 viewer

Satgas Waspada Investasi Imbau Masyarakat Waspadai Fintech Peer to Peer Lending Tidak Berizin
Otoritas Jasa Keuangan

Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi kembali mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penawaran kegiatan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (fintech peer to peer lending) tanpa izin OJK.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing, mengatakan berdasarkan  Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016, penyelenggara peer to peer lending wajib mengajukan pendaftaran dan perizinan kepada OJK.

"Namun Satgas Waspada Investasi menemukan 227 entitas yang melakukan kegiatan usaha peer to peer lending tidak terdaftar atau tidak memiliki izin usaha dalam penawaran produk fintech peer to peer lending sehingga berpotensi merugikan masyarakat," kata Tongam.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurutnya, Satgas Waspada Investasi telah memanggil entitas tersebut dan meminta seluruh entitas yang tidak terdaftar untuk:

  1. Menghentikan kegiatan peer to peer lending
  2. Menghapus semua aplikasi penawaran pinjam meminjam uang
  3. Menyelesaikan segala kewajiban kepada pengguna
  4. Segera mengajukan pendaftaran ke OJK

Untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dan masyarakat secara berkesinambungan, Satgas Waspada Investasi meminta masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan dengan entitas yang tidak berizin tersebut karena tidak berada di bawah pengawasan OJK dan berpotensi merugikan masyarakat.

"Kami akan rutin menyampaikan informasi perusahaan fintech peer to peer lending   yang tidak berizin. Selain itu peran serta masyarakat sangat diperlukan, terutama untuk tidak menjadi peserta kegiatan entitas tak berizin tersebut," katanya.

Informasi mengenai daftar entitas fintech peer to peer lending yang terdaftar atau memiliki izin dari OJK dapat diakses melalui www.ojk.go.id.

Jika menemukan tawaran fintech peer to peer lending yang mencurigakan, masyarakat dapat melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.


OJK

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mr Muscle dari SCJohnson Bikin Nyaman Ibu Saat si Kecil Belajar Merangkak

Mr Muscle dari SCJohnson Bikin Nyaman Ibu Saat si Kecil Belajar Merangkak
INFOB RAND.ID, JAKARTA - Rentang usia 7 – 10 bulan, bayi mulai merangkak. Tahapan ini amat penting karena melatih bayi menggerakkan lengan dan k...


Mau Gaya Feminim Makin Stylish, Lakukan Tips dari Isabel Adelia Ini

Mau Gaya Feminim Makin Stylish, Lakukan Tips dari Isabel Adelia Ini
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memilih sepatu yang pas dan sesuai dengan ukuran kaki memang gampang-gampang susah. Bahkan jika Kamu kurang tepat ketika memak...


Bekerja Lebih Nyaman, Lakukan Tips dari Logitech Ini

Bekerja Lebih Nyaman, Lakukan Tips dari Logitech Ini
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sebagian besar dari kita menghabiskan waktu maksimal 8 jam sehari di depan meja atau menatap monitor komputer saat  beker...


Punya Masalah Gula Darah? Begini Tips dari Nutrimart

Punya Masalah Gula Darah? Begini Tips dari Nutrimart
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Banyak pekerja kantoran yang menghabiskan mayoritas waktu dengan duduk di depan komputer. Padahal, pola hidup sedenter atau ti...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus