Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Riset IAS: Konteks dapat Meningkatkan Kesan Iklan Hingga 40%?

Posted by: 1236 viewer

Riset IAS: Konteks dapat Meningkatkan Kesan Iklan Hingga 40%?
Foto Riset IAS

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Integral Ad Science (Nasdaq: IAS), pemimpin industri global yang menjamin kualitas media digital, hari ini merilis The Context Effect, riset biometrik terbaru tentang pentingnya konteks dalam periklanan. Studi ini dilakukan IAS dan Neuro-Insight, sebuah perusahaan yang bergerak dalam neuromarketing dan neuroanalytics. Lebih dari sekadar data survei biasa tentang preferensi konsumen, survei ini mengkaji aktivitas otak ketika merespons iklan-iklan kontekstual. Dengan demikian, survei ini menunjukkan pengaruh konteks terhadap kesan iklan.

"Dengan memakai neuroscience dan neurometrics yang paling mutakhir, studi yang penuh terobosan ini menunjukkan konteks pada laman web dapat mengubah kesan dan respons audiens atas iklan melalui cara-cara tertentu," ujar Tony Marlow, CMO, IAS.

Ia menambahkan "Industri sedang menuju masa depan tanpa kuki (cookieless) dan beralih dari metode penyasaran audiens. Untuk itu, pengiklan berpeluang besar memanfaatkan perangkat penyasaran kontekstual, seperti IAS Context Control, dan meningkatkan kinerja kampanye periklanan."

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam studi "The Contect Effect", konsumen mengevaluasi konten yang mencakup tiga jenis keterkaitan kontekstual. IAS pun memperoleh temuan-temuan berikut untuk membantu berbagai merek membuat iklan yang relevan:

  • Iklan-iklan yang lebih endemik meningkatkan kesan iklan: Iklan yang lebih endemik, atau iklan yang selaras dan sesuai dengan konten sektoral di sekitarnya, meningkatkan aktivitas bagian otak yang berfungsi untuk ingatan tentang informasi praktis, termasuk pesan-pesan inti, call to action, dan pencitraan merek, sebesar 23%. 
  • Iklan informatif paling efektif ketika disesuaikan dengan pesan inti sebuah artikel: Menurut temuan riset ini, iklan informatif yang sesuai dengan pesan sebuah artikel menghasilkan respons ingatan yang sangat terperinci, bahkan meningkatkan ingatan tentang rincian informasi sebesar 36% dibandingkan iklan yang tidak sesuai dengan pesan artikel. 
  • Iklan yang mengutamakan respons emosional paling cocok dipadukan dengan tema-tema konten: Iklan yang ingin meninggalkan kesan emosional, sentimen atau persepsi umum dari sebuah merek, paling cocok ditayangkan di sekitar artikel dengan tema yang sesuai. Studi ini menunjukkan bahwa iklan-iklan ini meningkatkan ingatan global sebesar 40% saat ditayangkan di sekitar artikel dengan tema yang sesuai jika dibandingkan dengan iklan-iklan yang tidak sesuai dengan tema konten di sekitarnya.
  • Konsumen menilai iklan sebagai bagian dari pengalaman daring: Sebagian besar konsumen (63%) menilai iklan sebagai bagian dari kegiatan menelusuri internet, bukan gangguan atau halangan. Hanya 36% responden berkata bahwa mereka melewati iklan tanpa membacanya.

Temuan-temuan ini membuktikan bahwa praktisi pemasaran digital dapat menghasilkan ingatan yang lebih baik atas merek, dan membangkitkan respons emosional dari konsumen dengan strategi periklanan kontekstual. Studi "The Context Effect" dari IAS memantau 60 konsumen Amerika Serikat yang menelusuri internet lewat perangkat seluler selama 30 menit.

Studi ini menggunakan Steady State Topography (SST) dari Neuro-Insight guna melacak dan merekam aktivitas otak secara langsung. Para responden juga diminta untuk mencocokkan iklan dengan konteks dari konten yang berada di sekitarnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...