Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ramadhan, Momentum untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fesyen

Posted by: 1231 viewer

Ramadhan, Momentum untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fesyen
Ilustrasi meningkatkan penjualan saat Ramadhan/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menggunakan pakaian baru dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu tren Ramadhan yang sangat populer di Indonesia.

Menurut laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Kwartal II Tahun 2022, industri tekstil dan pakaian mengalami pertumbuhan hingga 13,7 persen di bulan Ramadhan, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan industri lainnya seperti makanan dan minuman yang hanya tumbuh 3,7 persen.

Tingginya peningkatan daya beli masyarakat di bulan Ramadhan khususnya industri tekstil dan pakaian menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Salah satu UKM yang sukses memanfaatkan momentum Ramadhan dan berhasil meningkatkan penjualan hingga 200 persen adalah Djatie Hijabqueen. Djatie Hijabqueen merupakan salah satu shipper Ninja Xpress yang menjual berbagai produk jilbab dengan kualitas tinggi dan memiliki keunikan tersendiri.

Untuk menyambut peluang ini, diperlukan strategi khusus untuk memaksimalkan potensi bisnis menjelang Ramadhan. 

Manajer Keuangan Djatie Hijabqueen Putri Amalia Zahara melalui keterangan Ninja Xpress dikutip Selasa (28/3/2023), berbagi tips bagaimana memanfaatkan momentum Ramadhan untuk tingkatkan penjualan dan mendapatkan pendapatan yang maksimal.

1. Menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan Ramadhan
Penting untuk pelaku UKM memahami kebutuhan-kebutuhan dari kaum muslim di bulan Ramadhan.

Beberapa diantaranya seperti peralatan sholat, pakaian muslim dan muslimah, sampai dengan menyediakan set pakaian keluarga sehingga dapat menjual produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan momentum Ramadhan.

IKLAN INFOBRAND.ID

2. Tentukan target konsumen
Memiliki target konsumen yang jelas merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum berjualan, dengan mengetahui target konsumen, UKM dapat menyasar pasar yang tepat sehingga dapat membantu efisiensi secara sumber daya dan juga biaya.

Adapun target konsumen dapat ditentukan berdasarkan jenis kelamin, usia, daerah, kebiasaan belanja, sampai dengan pendapatan perbulan.

3. Jalin hubungan baik dengan pelanggan
Memiliki pelanggan setia adalah harapan setiap pelaku usaha sehingga penting untuk pelaku UKM untuk membangun interaksi dua arah dengan konsumen, sehingga pelaku UKM tidak hanya fokus pada penjualan dengan mencari calon pembeli baru, tetapi juga mempertahankan pelanggan loyal dengan menjalin komunikasi dua arah ataupun memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli.

Sesekali, UKM juga dapat memberikan apresiasi kepada pelanggan loyal yang selalu setia berbelanja di toko anda dengan memberikan pernak-penik atau memberikan kemudahan dengan diskon biaya ongkos kirim untuk pembelian pertama.

4. Menyiapkan stok barang beberapa bulan sebelum Ramadhan
Tingginya pembelian pakaian baru ketika Ramadhan sejalan dengan tingginya kebutuhan stok produk sehingga penting untuk para pelaku UKM sudah menyiapkan produk yang akan di jual ketika Ramadhan satu hingga dua bulan sebelum hari raya Idul Fitri. Dengan cara itu, produk tetap tersedia dan siap untuk dikirimkan kepada pelanggan.

IKLAN INFOBRAND.ID

5. Memaksimalkan promosi produk melalui berbagai platform
Berdasarkan data dari Suara UKM Negeri vol. 2 Ninja Xpress, satu dari tiga pelaku UKM melakukan live selling untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan interaksi dua arah antara penjual dan juga pembeli.

Saat ini platform media sosial dan juga e-commerce sudah menyediakan fitur live selling yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas audiens yang bisa dituju. Jika kesulitan dalam melakukan live selling secara profesional, pelaku usaha dapat menggunakan layanan Creative Business Solution dari Ninja Xpress.

6. Tentukan pengiriman yang membantu paket sampai tepat waktu
Pilih partner pengiriman yang terpercaya yang meliputi beberapa hal seperti, memerhatikan estimasi waktu pengiriman yang diberikan oleh perusahaan pengiriman.

Pilihlah layanan yang menawarkan waktu pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Jika membutuhkan pengiriman yang cepat, pelaku usaha dapat memilih opsi pengiriman kilat yang disediakan. Lalu, gunakan layanan pelacakan untuk mengawasi perjalanan paket.

Layanan pelacakan dapat membantu pelaku usaha memastikan bahwa paket berada di jalur yang tepat dan dapat tiba tepat waktu. Untuk memastikan paket sampai dengan baik dan sesuai, pelaku usaha juga dapat menggunakan opsi asuransi juga memastikan alamat pengiriman sudah benar dan sesuai.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...