Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Penjualan Online Meningkat 500%, Campina Masuk Daftar Indonesia Brand Champion 2021

Posted by: 2196 viewer

Penjualan Online Meningkat 500%, Campina Masuk Daftar Indonesia Brand Champion 2021
Campina.

JAKARTA - Bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tidak begitu terdapat pandemi covid-19 karena merupakan barang kebutuhan konsumsi sehari-hari atau barang primer. Namun demikian, es krim meskipun masuk dalam kategori FMCG, ikut terdampak, kaena merupakan kebutuhan tersier.

Demikian diungkapkan Mustofa Saadji, Marketing Category Manager, PT Campina Ice Cream Industry Tbk. Itu terjadi akrena pembelian es krim bersifat impulsife atau tidak direncanakan. Akibatnya, di awal-awal pandemi karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penjualan es krim campina pun cukup terdampak.

“Ditambah anak-anak dan remaja sekolah secara online, hal ini mengakibatkan penjualan beberapa segment usia menurun,” jelas Mustofa.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melihat situasi tersebut, Campina pun langsung mengambil sejumlah langkah strategi. Beberapa strategi yang diterapkan diantaranya; meluncurkan produk yang disesuaikan untuk masa pandemi, memberikan produk dengan harga yang affordable, promosi yang disesuaikan selama masa pandemi, gratis ongkir, hingga potongan harga untuk pembelian jumlah tertentu dan merchandise menarik.

Selain itu Campina juga memperkuat omni channel, dengan mensinergikan online dan offline, icecreamstore.co.id, dan beberapa marketplace lainnya. Terakhir memperkuat konten menarik, dengan bekerjasama dengan influencer, youtuber, dan beberapa artis untuk mengkomunikasikan produk selama pandemi.

Berkat strategi yang diterapkan, Campina berhasil mencatatkan beberapa capaian positif, seperti penjualan secara online meningkat 500%, yang dikarenakan perubahan kebiasaan yang beralih berbelanja online. Selain itu, awareness terhadap brand Campina juga meningkat, membuat engagement dengan konsumen pun semakin naik, yang dibuktikan dari banyaknya konsumen terlihat aktif dalam berbagai promo online yang diselenggarakan.

“Peningkatan jumlah followers di sosial media naik cukup signifikan selama masa pandemi, sebesar 12 persen dari Maret hingga Desember 2020,” jelas Mustofa.

Berkat capaian tersebut, Campina menjadi salah satu pemerima apresiasi Indonesia Brand Champion 2021 yang digelar oleh Infobrand.id sebagai number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia. Apresiasi ini merupakan bukti nyata keberhasilan brand dan perusahaan dalam mengelola dan mengawal setiap kebijakan dan strategi, sehingga mampu menjadi pemenang di bidangnya.  

IKLAN INFOBRAND.ID

Bagaimana strategi lebih lanjut Campina dan brand-brand lainnya menghadapi tantangan 2020 dan menjadi champion di bidangnya, baca selengkapnya di Annual Achievement Report Indonesia Brand Champion 2021 dan Indonesia Corporate Brand Champion 2021 yang akan terbit di Bulan Maret 2021.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...