Kamis, 18 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pembeli Naik 60%, Transaksi BBTF 2018 Capai 7 Triliun

Posted by: 2199 viewer

Pembeli Naik 60%, Transaksi BBTF 2018 Capai 7 Triliun
Bali and Beyond Travel Fair (BBTF 2018)

Transaksi Bali and Beyond Travel Fair (BBTF 2018) menghasilkan kenaikan transaksi yg luar biasa. Event yang digelar 26-30 Juni 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center ini menembus angka USD 593,31 juta atau setara dengan  Rp 7,71 triliun (asumsi kurs USD1 = Rp 13.000).

Deputi  Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana sangat mengapresiasi capaian transaksi BBTF tahun ini yang mengalami kenaikan luar biasa. “Capaian BBTF tahun ini sangat fantastis. Rapornya luar biasa. BBTF menjadi bentuk komitmen dari pemerintah untuk terus mendorong pariwisata sebagai leading sector perekonomian. Apalagi, Indonesia banyak memiliki sentral industri pariwisata baru,” kata I Gde Pitana, Senin (02/07).

Wakil Ketua Bidang Seller dan Pemerintahan BBTF 2018, Dwi Nurdayati, nilai transaksi tahun ini adalah potensial transaksi dengan kurs yang ditentukan dalam kontrak dengan seller selama setahun.
 
“Transaksi tahun ini bagus. Untuk nilai kurs ditentukan menurut sistem kontrak dengan seller selama setahun. Ini untuk menyikapi pergerakan nilai tukar terhadap dollar Amerika,” kata Dwi Nurdayati.
 
Rapor positif transaksi BBTF 2018 tidak lepas dari kenaikan statistik antar lini. Apalagi, program ini juga mengalami kenaikan jumlah pembeli hingga 60,8% dibandingkan tahun 2017. Jumlah itu juga berbanding lurus dengan kenaikan 28,2% penjualnya. “Tahun ini menjadi momentum luar biasa untuk BBTF. Sebab, rapor positif merata di semua lini,” kata Dwi.
 
BBTF 2018 melibatkan total 320 pembeli dari 40 negara dan total 241 seller berasal dari Timor Leste, Thailand, Kamboja, Uzbekistan, dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah. Seller berasal dari operator hotel bintang lima, serta agen perjalanan dan perwakilan kabupaten/kota. Untun koneksi internasional telah bergabunh Vietnam dan Uni Emirat Arab.
 
“BBTF juga menyumbang jumlah kunjungan wisatawan yang besar. Sebarannya cukup merata, termasuk porsi ideal dari domestik,” kata I Gde Pitana.
 
BBTF 2018 menghasilkan potensi jumlah wisatawan hingga 494.425 kunjungan. Sebanyak 38.480 potensi wisatawan telah dibukukan dari 57 buyer BBTF dan sisanya adalah wisman. Jumlah potensi kunjungan wisman terbesar berasal dari West/Eastern Europe sebanyak 133.750 dari 61 buyer. Porsi besar lainnya dimiliki negara ASEAN dengan potensi 69.690 kunjungan.
 
Progress positif dari BBTF 2018 mendapat pujian dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar Arief berharap BBTF mendapat support karena dapat memberikan lebih banyak kesejahteraan bagi masyarakat.
 
“Apa yang diraih oleh BBTF ini luar biasa. Support harus terus diberikan. Harapannya, agar program ini terus berkembang dan bisa memberikan banyak kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Menpar Arief.

Sukses besar BBTF 2018 tidak lepas dari konsep kinerja pentahelix yang dikembangkan. Ada kolaborasi kolaborasi solid sektor perhotelan, operator tur/agen perjalanan, organisasi pariwista, MICE, dan lainnya. Ada juga perusahaan teknologi perjalanan plus perwakilan dari perusahaan perjalanan. Soliditas tersebut disempurnakan dengan support penuh Kemenpar.

Teknologi memang memegang peranan vital dalam sukses industri pariwisata. Konsep ini diterapkan BBTF 2018 melalui sistem registrasi, database, hingga aplikasi cloud. Hal ini memudahkan semua peserta BBTF melakukan transaksi bisnis sesuai dengan keinginan masing-masing. Sistem ini bahkan bisa didorong untuk menyaring dan menentukan segmen pasar di masa mendatang.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Cegah Pencemaran Lingkungan CooperVision-Plastic Bank Lanjutkan Kerja Sama

Cegah Pencemaran Lingkungan CooperVision-Plastic Bank Lanjutkan Kerja Sama
INFOBRAND.ID, JAKARTA - CooperVision dan PT Plastic Bank Indonesia (Plastic Bank) memperpanjang kerja sama dalam pengumpulan dan daur ulang plastik hi...


Dukung Keanekaragaman Hayati, Lippo Cikarang Integrasikan Eco Living

Dukung Keanekaragaman Hayati, Lippo Cikarang Integrasikan Eco Living
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Chief Operation Officer LPCK Gita Irmasari mengatakan PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) berkomitmen melakukan penghijauan kawasan d...


Tiga Brand Fesyen Indonesia Mejeng di Fashion World Tokyo 2024

Tiga Brand Fesyen Indonesia Mejeng di Fashion World Tokyo 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tiga brand fesyen dari Indonesia turut meramaikan ajang Fashion World Tokyo “Spring Edition” 2024, pameran produk...


Soekarno-Hatta, Bandara Tersibuk di Asia Tenggara April 2024

Soekarno-Hatta, Bandara Tersibuk di Asia Tenggara April 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara tersibuk di Asia Tenggara pada April 2024 berdasarkan data OAG Aviation Worlwi...