JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kini, pelanggan dapat mengestimasi tagihan listrik bulan selanjutnya melalui fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM). Fitur tersebut dapat digunakan dalam aplikasi New PLN Mobile yang dihadirkan oleh PLN.
Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, PT PLN (Persero) memudahkan pelanggan dalam mengecek tagihan listriknya. Hal ini diwujudkan dalam alikasi New PLN Mobile. Fitur SwaCAM kita hadirkan guna memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan.
“Sekarang pelanggan juga dapat mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya," kata Bob Saril dalam keterangan resmi, Senin (26/04/2021).
Bob menjelaskan, kehadiran fitur tersebut diharapkan dapat meminimalisasi potensi kesalahan baca meter, khususnya bagi kondisi atau lokasi meter pelanggan yang sulit dibaca oleh petugas. Selain di New PLN Mobile, PLN juga menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui WhatsApp di nomor 08122123123, sehingga pelanggan dapat melakukan pelaporan mandiri pada 24-27 setiap bulannya.
"Apabila pelanggan belum melaporkan secara mandiri melalui SwaCAM atau Whatsapp, serta lokasi atau kondisi meter pelanggan sulit dibaca oleh petugas, maka sebagai alternatif akhir PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan pemakaian sebagai dasar perhitungan rekening listrik," jelas Bob.
Menurut Bob, alternatif akhir tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan tagihan, ketika petugas PLN sudah bisa membaca stand meter di lokasi pelanggan. Untuk mendapat beragam kemudahan lainnya dari layanan PLN, pelanggan dapat segera mengunduh aplikasi New PLN Mobile yang sudah tersedia di Play Store dan App Store.