Senin, 05 Desember 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Mondelez Rayakan Keberhasilan Satu Dekade Perjalanan Cocoa Life

Posted by: 27-09-2022 15:03 WIB 640 viewer

Mondelez Rayakan Keberhasilan Satu Dekade Perjalanan Cocoa Life
Mondelez Rayakan Keberhasilan Satu Dekade Perjalanan Cocoa Life

INFOBRAND.ID- Satu dekade (10 tahun) sukses menggelar program Cocoa Life, Mondelez Indonesia menggelar program perayaan di Pinrang, Sulawesi Selatan. Program Cocoa Life tercatat berhasil melampaui target awalnya, dalam misi mensejahterakan petani dan komunitas kakao serta turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemulihan hutan.

Diungkapkan Andi Sitti Asmayanti selaku Director Sustainability, South East Asia Mondelez International, Cocoa Life merupakan program kakao berkelanjutan yang diinisiasi oleh Mondelez International sejak 2012 untuk mensejahterakan petani dan komunitas kakao, serta turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemulihan hutan.

“Memasuki 10 tahun perjalanannya, program Cocoa life secara global telah berhasil memperoleh berbagai pencapaian sukses, mulai dari memberdayakan hampir 210.000 petani dan menjangkau lebih dari tiga juta anggota komunitas di seluruh dunia, serta telah menginvestasikan lebih dari US$ 400 juta dalam mendukung mata pencaharian petani. Pencapaian tersebut jauh melampaui target global pada 2022, yaitu memberdayakan 200.000 petani dan satu juta anggota komunitas, dengan target investasi sebesar US$ 400 juta,” paparnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari sisi pemberdayaan komunitas berbasis pendekatan Community Action Plans (CAP), program ini telah berhasil memberdayakan lebih dari 2.400 komunitas kakao di bawah naungan Cocoa Life, dengan memprioritaskan investasi di infrastruktur sekolah, air dan kesehatan/sanitasi.

Selanjutnya, dari sisi lingkungan, program Cocoa Life juga telah berhasil melakukan pemetaan lebih dari 198.000 lahan pertanian untuk membantu mencegah deforestasi pertanian Kakao di seluruh dunia. Selain itu, saat ini program Cocoa Life juga telah berhasil memenuhi 75% kebutuhan produksi cokelat Mondelez International, dan ditargetkan mencapai 100% pada 2025.

Lebih jauh ia menerangkan, berdasarkan data International Cocoa Organization (ICCO) 2022, tercatat bahwa Indonesia termasuk ke dalam 10 negara penghasil kakao terbesar dunia dan menjadi yang terbesar di Asia. “Program Cocoa Life di Indonesia hingga saat ini telah berhasil memberdayakan lebih dari 40.000 petani, dan menjangkau lebih dari 68.000 anggota komunitas kakao di wilayah Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara,” ucapnya.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Heru Tri Widarto menyampaikan apresiasinya atas kehadiran program Cocoa Life dari Mondelez Indonesia. “Melalui kesempatan ini kami juga turut mengajak pihak-pihak lainnya untuk dapat mengambil peran sesuai dengan kewenangan dan kemampuannya dalam menyelesaikan perrmasalahan kakao nasional. Kami berharap semoga ruang lingkup dari progam ini dapat direplikasi dan disebarluaskan kepada sentra produksi kakao nasional lainnya, hingga akhirnya para petani kakao dapat memperoleh manfaat dan berujung para peningkatan kesejahteraan mereka," jelas Heru.

Berbagai manfaat positif juga dirasakan Ilham selaku perwakilan petani binaan dan komunitas Cocoa Life. “Kami sangat terbantu atas panduan yang diberikan tim Cocoa Life dalam penerapan praktik budidaya pertanian yang baik atau Good Agricultural Practices (GAP). Dengan menerapkan praktik ini, budidaya kakao bisa menjadi lebih baik dan kami bisa meningkatkan hasil panen yang dari sebelumnya 5-7 kg per minggu menjadi 15-17 kg per minggu,” jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Saat ini, program Cocoa Life tengah berupaya untuk menjawab tantangan pada sektor kakao secara holistik di enam negara penghasil kakao, meliputi Ghana, Pantai Gading, Indonesia, Republik Dominika, India, dan Brasil. Sebagai bagian dari program keberlanjutan Mondelez International, Cocoa Life bersama para mitra terus berupaya untuk menjadikan pertanian kakao sebagai bisnis yang berkelanjutan, menciptakan masyarakat yang berdaya, serta turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemulihan hutan.

Meskipun pencapaian program Cocoa Life telah melampaui targetnya dan menghasilkan dampak yang cukup besar, lanjut Yanti, Mondelez Indonesia menyadari bahwa masih banyak tantangan di sektor kakao. Mondelez Indonesia mengajak para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam inisiatif ini, seperti mengedukasi para petani dan komunitas akan pengelolaan kakao yang tepat, sehingga bisa memperkuat dampak positif dan membawa perubahan pada dekade berikutnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Gandeng Save the Children Indonesia, Guardian Gelar Kampanye Global “Keeping Kids Clean & Healthy”

Gandeng Save the Children Indonesia, Guardian Gelar Kampanye Global “Keeping Kids Clean & Healthy”
INFOBRAND.ID- Guardian, ritel modern kesehatan dan kecantikan Milik HERO Group, mengedukasi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, sekaligus membang...


HUT ke-32, LG Electronics Tanam 32 Ribu Pohon

HUT ke-32, LG Electronics Tanam 32 Ribu Pohon
INFOBRAND.ID-Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32, PT LG Electronics Indonesia (LG) menggelar aksi penanaman 32 ribu pohon, di beberapa lokasi seper...


Sharp Gelar Edukasi Peduli Lingkungan di 3 Kota

Sharp Gelar Edukasi Peduli Lingkungan di 3 Kota
INFOBRAND.ID-Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-110, Sharp menggelar workshop peduli lingkungan di tiga kota, yakni di SMAN 4 Medan pada 26 Nov...


Yayasan Wings Peduli Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Yayasan Wings Peduli Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur
INFOBRAND.ID- Wings Group Indonesia melalui Yayasan Wings Peduli memberikan bantuan bagi para korban gempa Cianjur. Di antaranya, dengan mendistribusi...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus