INFOBRAND.ID - Perkembangan internet telah menghadirkan era baru bisnis di ranah digital. Tingginya aktivitas masyarakat dalam kegiatan sehari-hari melahirkan kebiasaan masyarakat dan perilaku konsumen dalam menemukan produk yang diinginkan di berbagai platform digital.
Perubahan lakskap bisnis tersebut pun menuntut pelaku bisnis dan brand untuk aktif melakukan branding di ranah digital. Hal itu bertujuan agar brand semakin populer di ranah digital yang akan meningkatkan brand awareness di kalangan netizen.
Sebelum menenal Digital Branding, tentu anda harus memahami apa itu branding. Branding adalah proses kreatif dan strategis untuk memberi tahu calon pelanggan tentang perusahaan atau brand, dan mengapa masyarakat harus memilih brand Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari brand Anda. Sementara Digital Branding adalah cara brand merancang dan membangun brand secara online melalui situs web, aplikasi, media sosial, video, dan lainnya.
Tentu saja ada banyak keuntungan dalam melakukan digital branding. Karena dengan kehadiran teknologi digital yang kuat membuat pelanggan merasa terlibat secara pribadi dengan perusahaan atau produk melalui beragam platform digital yang sudah menjadi alat sehari-hari, termasuk media sosial seperti facebook, intragram, youtube, bahkan TikTok.
Dengan melakukan digital branding, brand akan dapat menjangkau target audiens dengan tepat. Sebab di ranah digital Anda dapat membidik audiens dengan lebih tepat dengan menargetkan grup pelanggan tertentu melalui platform online, seperti media sosial Facebook, Instragram, YouTube, TikTok dan lainnya.
Melalui digital branding, brand juga dapat terhubung dengan pelanggan dengan lebih mudah. Karena melalui platform media sosial Anda dapat berbicara langsung dengan audiens dan berinteraksi seperti teman atau anggota keluarga.
Dan terakhir, dengan melakukan digital branding, brand dapat menyampaikan pesan yang lebih cepat. Ada juga manfaat tersier dari digital branding, seperti potensi untuk menjadi viral atau menjangkau khalayak massal dalam waktu singkat dengan sedikit biaya atau tanpa biaya. Upaya branding seperti ini lebih sesuai dengan trend sekarang yang memanfaatkan media sosial sehingga perusahaan dapat memangkas anggaran iklan konvensional.
Demikian tadi beragam manfaat melakukan digital branding. Jadi tunggu apa lagi, lakukan digital branding sekarang juga, maka brand anda akan dikenal di ranah digital dengan lebih luas.