Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Makin Kredibel, Asuransi Astra Raih Peringkat Excellent dari AM Best  

Posted by: 501 viewer

Makin Kredibel, Asuransi Astra Raih Peringkat Excellent dari AM Best  
Asuransi Astra Raih Peringkat A- (Excellent) dari AM Best/Istimewa  

INFOBRAND,ID, JAKARTA - PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) memperoleh Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating “a-“ (Excellent) dengan outlook stable dari AM Best, lembaga pemeringkat kredit global dengan spesialisasi pada industri asuransi yang berkantor pusat di Amerika Serikat. 

Sejak 1899, AM Best melakukan bisnis di lebih dari 100 negara dengan kantor regional di London, Amsterdam, Dubai, Hong Kong, Singapura, dan Mexico City. 

Hingga saat ini, termasuk Asuransi Astra, hanya ada 2 (dua) perusahaan Asuransi Umum Nasional di Indonesia yang mendapatkan Peringkat A- “Excellent” dimana peringkat ini merupakan peringkat tertinggi di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Peringkat tersebut mencerminkan 4 faktor penilaian antara lain kekuatan neraca keuangan Asuransi Astra yang dinilai AM Best very strong, kinerja operasional yang dinilai strong, profil bisnis yang dinilai neutral, dan Enterprise Risk Management (ERM) yang dinilai appropriate. 

Pemeringkatan tersebut juga telah mempertimbangkan faktor netral pengaruh Jardine Matheson Holdings Limited (Bermuda) sebagai ultimate parent Asuransi Astra.

Kemampuan neraca keuangan Asuransi Astra didukung oleh risk-adjusted capitalisation yang berada pada strongest level pada 31 Desember 2021, dan diperkirakan akan terus terpelihara pada strongest level berdasarkan ukuran Best’s Capital Adequacy Ratio (BCAR). 

Kecukupan modal Asuransi Astra didukung oleh perolehan modal internal dan net underwriting leverage yang rendah. Di sisi lain, terkait portofolio investasi, AM Best menilai bahwa portofolio investasi Asuransi Astra memiliki risiko moderate, utamanya terdiri dari obligasi yang dimiliki secara langsung dan ditempatkan pada reksa dana. 

Lebih dari separuh reksa dana yang dimiliki Asuransi Astra merupakan obligasi dengan peringkat domestik. Sebagai pemenuhan atas peraturan yang berlaku, Asuransi Astra memiliki eksposur terhadap reasuransi domestik yang belum memiliki peringkat dalam skala internasional, sehingga risiko kredit Asuransi Astra dinilai lebih tinggi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kinerja operasional Asuransi Astra juga dinilai strong. Hal ini ditunjukkan dengan combined ratio rata-rata lima tahun sebesar 88,5% dan return on equity (ROE) sebesar 18,0% (2018-2022). 

Kinerja yang kuat tersebut dapat dipertahankan selama tahun 2022, karena dampak negatif normalisasi klaim terhadap rasio klaim perusahaan dapat diimbangi oleh perbaikan rasio biaya dan pendapatan investasi. 

Adapun laba bersih Asuransi Astra pada tahun 2022 adalah sebesar Rp 1,2 triliun, lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang sebesar Rp 1,1 triliun.

Profil bisnis Asuransi Astra dinilai neutral oleh AM Best. Portofolio Asuransi Astra terdiversifikasi dalam beberapa lini usaha, dengan lini utama adalah asuransi kendaraan bermotor, kecelakaan diri dan kesehatan, dan kebakaran. 

Asuransi Astra memiliki konsentrasi saluran distribusi yang moderate pada perusahaan leasing terutama dalam asuransi kendaraan bermotor.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun dari sisi penerapan manajemen risiko, Enterprise Risk Management (ERM) Asuransi Astra dinilai appropriate oleh AM Best dengan mempertimbangkan ukuran dan kompleksitas operasional Asuransi Astra saat ini. 

Program reasuransi excess of loss Asuransi Astra memberikan perlindungan yang memadai untuk risiko gempa bumi. Di sisi lain Asuransi Astra juga melakukan stress test secara periodik untuk mengevaluasi dan mengantisipasi dampak dari berbagai skenario terhadap kecukupan modal berdasarkan peraturan yang berlaku.

President Director Asuransi Astra, Rudy Chen, mengatakan, kredibilitas dan reputasi Asuransi Astra semakin kuat dengan adanya peringkat rating A- (Excellent) dari AM Best ini dan Asuransi Astra yakin hal ini dapat membuat pelanggan semakin percaya untuk melindungi asetnya kepada kami. 

"Kepercayaan itu jugalah yang selama ini menjadi motivasi kami untuk terus mempertahankan kinerja dan reputasi yang sudah kami bangun serta terus berinovasi, beradaptasi, dan menyesuaikan diri sehingga senantiasa mampu memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan dan para pemangku kepentingan,” tandasnya seperti dikutip dari keterangan tertulis yang Infobrand.id, terima Senin (3/4/2023).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


PT Victoria Care Indonesia Tbk Tutup Tahun 2023 dengan Kinerja Ciamik

PT Victoria Care Indonesia Tbk Tutup Tahun 2023 dengan Kinerja Ciamik
INFOBRAND.ID - PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) berhasil menutup tahun 2023 dengan performa cantik. Hal tersebut tergambar dari meningkatnya pend...


Olala Milky Jelly, Minuman Jelly Rasa Susu dalam Cup Pertama di Indonesia 

Olala Milky Jelly, Minuman Jelly Rasa Susu dalam Cup Pertama di Indonesia 
INFOBRAND.ID - Dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang, WINGS Group Indonesia melalui WINGS Food, memperkenalkan&nb...


TikTok ajak Masyarakat Sebarkan Kebaikan Lewat Kampanye #SerunyaBerbagi

TikTok ajak Masyarakat Sebarkan Kebaikan Lewat Kampanye #SerunyaBerbagi
INFOBRAND.ID-Platform digital TikTok mengajak seluruh warga Indonesia untuk menyebarkan kebaikan di bulan Ramadhan tahun ini melalui sebuah kampanye b...


Sepanjang 2023, Astra Financial membukukan laba bersih sebesar Rp7,9 triliun

Sepanjang 2023, Astra Financial membukukan laba bersih sebesar Rp7,9 triliun
INFOBRAND.ID - Astra Financial merupakan salah satu 1 dari 7 pilar bisnis Astra yang bergerak di jasa keuangan, yang berkiprah lebih dari 4 dekade,...