Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kunjungan Wisman Naik Hampir 12%, Kemenpar Buat Tiga Program Strategis

Posted by: 2329 viewer

Kunjungan Wisman Naik Hampir 12%, Kemenpar Buat Tiga Program Strategis
wisatawan mancanera

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Mei 2018 sebanyak 1,20 juta kunjungan atau naik 4,55% dibandingkan Mei 2017 sebanyak 1,15 juta kunjungan. Sementara itu secara kumulatif dari Januari hingga Mei 2018 jumlah kunjungan wisman sebanyak 6,17 juta kunjungan atau naik 11,98% dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2017 berjumlah 5,51 juta kunjungan. Demikian rilis Badan Pusat Statistik, Senin (02/07).

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik capaian wisman pada Januari-Mei 2018 yang tumbuh 11,89%. “Tahun ini kita mentargetkan kunjungan 17 juta wisman atau meningkat 17,64% dari capaian tahun 2017 sebanyak 14,04 juta kunjungan,” kata Menpar Arief.
 
Untuk mencapai target 17 juta kunjungan wisman pada tahun ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan stakeholder pariwisata dan airlines melakukan tiga program strategis yaitu Hot Deals ViWI (Visit Wonderful Indonesia)  2018, pemberian insentif kepada airlines, serta digital marketing platform competing destination model (CDM).

Menpar Arief menjelaskan, pada lima bulan pertama jumlah kunjungan wisman sebesar 6,17 juta atau rata-rata 1,23 juta per bulan. Untuk mencapai target 17 juta wisman, jumlah kunjungan wisman harus mencapai rata-rata 1,4 juta per bulan. “Kalau kita tidak melakukan apa-apa, akhir tahun hanya dapat 14,76 juta, sedangkan dengan melakukan tiga program strategis tersebut diharapkan akan mendapat tambahan sekitar 5 juta wisman sehingga target 17 juta wisman akan tercapai ,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief merinci untuk mendapatkan tambahan 5 juta wisman tersebut yakni dengan dengan memberikan insentif kepada airlines untuk melakukan bundling tiket atau sebagai More for Less (you get more, you pay less). Dari kegiatan ini diharapkan akan mendapatkan tambahan sebanyak 1,5 juta wisman. Sedangkan dalam program Hot Deals ViWI 2018 yang diinisiasi 18 stakeholder pariwisata dengan menerapkan konsep sharing economy, diharapkan akan mendapatkan 2,5 juta wisman. Sementara untuk program platform digital CDM diproyeksikan akan mendapatkan 1 juta wisman. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...