Kamis, 07 Juli 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Kominfo Pastikan Indonesia Siap Hadapi Transformasi Digital

Posted by: 24-08-2021 15:20 WIB 432 viewer

Kominfo Pastikan Indonesia Siap Hadapi Transformasi Digital
Ilustrasi transformasi digital/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus berupaya memastikan bangsa Indonesia siap menghadapi transformasi digital yang inklusif, produktif, dan aman

"Menyadari meningkatnya permintaan teknologi digital, pemerintah Indonesia berupaya memastikan bangsa kita siap menghadapi transformasi digital yang inklusif, produktif, dan aman," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi secara virtual di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Menurut Dedy, saat ini Kominfo juga terus berupaya mengembangkan empat sektor pendorong percepatan akselerasi transformasi digital yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Dalam percepatan transformasi digital, masalah keamanan siber menjadi salah satu isu utama yang harus diantisipasi terkait penguatan keamanan dan tata kelola data.

Oleh karena itu, Dedy mengatakan, pemerintah saat ini terus mengembangkan kebijakan Satu Data Indonesia dan mempercepat integrasi Pusat Data Nasional Tier 4.

Pengoperasian Pusat Data Nasional itu diharapkan dapat dimulai secara bertahap dari tahun 2023 hingga 2026 dengan menyediakan 43.000 core dan kapasitas 72 Petabytes.

Lebih lanjut Dedy menyampaikan bahwa ekosistem digital Tanah Air harus didukung dengan keterampilan dan literasi digital yang cukup untuk menghindari ancaman kejahatan dunia maya.

Kementerian Kominfo telah menargetkan 12,5 juta masyarakat terliterasi digital setiap tahun, untuk mencapai 50 juta masyarakat terliterasi di tahun 2024.

Selain itu, Kominfo melalui program Digital Talent Scholarship juga memberikan stimulasi pelatihan bagi 100 ribu warga negara untuk mempelajari dan meningkatkan kompetensi di bidang digital, seperti pemrograman, kecerdasan artifisial, dan komputasi awan.

Dedy juga menyatakan, Kominfo juga memfasilitasi para pembuat kebijakan untuk meningkatkan pengetahuan mereka di bidang teknologi melalui program Digital Leadership Academy.

Dia menilai, upaya mempercepat transformasi digital Indonesia sekaligus memastikan era digital yang inklusif, produktif, dan aman merupakan upaya kolektif yang membutuhkan kolaborasi antara pemangku kepentingan termasuk pemerintah, pelaku bisnis, media, akademisi, dan masyarakat.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika akan terus berkolaborasi dengan para mitra untuk mengimplementasikan teknologi digital yang inovatif dan transformatif sebagai syarat untuk mewujudkan masa depan yang lebih terkoneksi dan digital," tandasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Cara Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce  

Cara Tingkatkan Penjualan Saat Festival Belanja di e-Commerce  
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Festival belanja menjadi salah satu strategi pemasaran yang rutin dijalankan eCommerce dengan tujuan meningkatkan penjualan pr...


Kiat Jitu Membangun Bisnis di TikTok Shop bagi Seller UKM

Kiat Jitu Membangun Bisnis di TikTok Shop bagi Seller UKM
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Beberapa tahun belakangan ini, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) semakin banyak yang terlihat menggunakan platform digita...


IHATEC Bentuk Divisi Marketing Research Produk Halal Pertama di Indonesia

IHATEC Bentuk Divisi Marketing Research Produk Halal Pertama di Indonesia
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Potensi pasar halal di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. State of Global Islamic Economy Report 2020/2021 yang meng...


DPR Dukung Potensi dan Peluang BPR untuk Go Public

DPR Dukung Potensi dan Peluang BPR untuk Go Public
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Potensi dan peluang Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk mendapatkan pendanaan dari pasar modal melalui skema go public mulai t...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index

BRAND ACHIEVEMENTS





Index