Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kemenperin Gandeng Blibli.com Tumbuhkan Startup

Posted by: 2435 viewer

Kemenperin Gandeng Blibli.com Tumbuhkan Startup
Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih

Kementerian Perindustrian dan Blibli.com saling bersinergi untuk semakin menumbuhkan pelaku usaha rintisan digital (startup) di Indonesia. Upaya ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan target penciptaan wirausaha industri baru sebanyak 20.000 orang pada tahun 2019.

“Kami berkomitmen terus mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri. Nah, pelaku startup memiliki peran yang sangat penting terhadap perluasan pasarnya,” kata Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Jumat (7/9).

Menurut Gati, IKM berpotensi besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab, IKM menjadi sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia dan 60 persen tenaga kerja industri berada di sektor IKM.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Pemberdayaan IKM merupakan salah satu program prioritas nasional di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0,” tuturnya. Dengan memanfaatkan teknologi digital, diyakini dapat memberi keuntungan bagi pendapatan pelaku usaha hingga naik 80 persen.

“Di tengah tren ekonomi digital yang berkembang pesat, IKM didorong aktif memasarkan produknya melalui perdagangan online,” ujar Gati. Oleh karena itu, Kemenperin telah menyiapkan platform digital melalui e-Smart IKM.

“Selain IKM membuka peluang untuk kesempatan kerja baru yang akan bertambah, juga menjadikan pelaku IKM lebih inovatif,” imbuhnya. Bahkan, pelaku IKM dapat mengakses pasar global.

Untuk itu, Kemenperin mendukung kegiatan Blibli.com melalui ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda yang dinamakan The Big Start Indonesia (TBS). Program TBS ini telah diluncurkan sejak tahun 2016, dengan misi menanamkan jiwa inovasi dan kreativitas melalui pemberian pengetahuan, pelatihan, modal, network, dan sumber daya yang dibutuhkan oleh pengusaha kreatif muda tersebut.

Pada tahun ini, TBS Season 3 mampu merangkul sebanyak 15.000 pengusaha kreatif muda, yang kemudian dikurasi menjadi 20 finalis terbaik Indonesia. Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, di mana mereka dibekali ilmu mengenai pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pembayaran pajak, serta fasilitasi perlindungan hak kekayaan intelektual.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Hingga akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke grand final,” ungkap Gati. Penyelenggaraan TBS Season 3 akan semakin menarik dengan adanya Special Project di malam grand final serta roadshow di lima kota meliputi Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya, dan Jakarta.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...