Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Dua Kunci Utama Mengembangkan Bisnis Kuliner Kekinian Ala Martabak Orient

Posted by: 1312 viewer

Ini Dua Kunci Utama Mengembangkan Bisnis Kuliner Kekinian Ala Martabak Orient
ILustrasi bisnis kuliner/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 terus menginvasi berbagai sektor, tak terkecuali para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner. Banyak dari mereka yang terpaksa gulung tikar akibat pandemi. 

Padahal, usaha kuliner merupakan salah satu dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang menjadi penyumbang terbesar struktur Produk Domestik Bruto (PDB), yakni 41 persen dari keseluruhan sektor ekonomi kreatif tersebut.

Berdasarkan data, subsektor kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif sebesar Rp1.134,9 triliun pada tahun 2020.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sepanjang tahun 2020, terdapat 3,7 juta UMKM yang on boarding sehingga total ada 11,7 UMKM yang sudah bertransformasi ke ranah digital, dari yang sebelumnya hanya 8 juta UMKM.

Angka itu sudah memenuhi sepertiga dari target 30 juta UMKM yang beralih ke digital.

Salah satu yang bertahan dan tetap meningkatkan penjualan adalah Martabak Orient, Lantas apa kuncinya sehingga bisnis kuliner ini tetap dmininati pelanggan meski berada di masa pandemi.

Berikut kiat dari Founder Martabak Orient, Affan Achmad Affandi, tentang kunci sukses usahanya seperti dikutip Antara, Jumat (3/9/2021).

1. Kreativitas.
Menurut Perwakilan GoFood Partner Sukses itu, kreativitas sangat penting dalam membangun bisnis kuliner "kekinian" sehingga dapat menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan walaupun berada di kondisi pandemi yang tidak mudah.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kita harus kreatif menangkap kesempatan dengan memahami tren pasar agar dapat bertahan dan bangkit di tengah kondisi yang menantang, penting untuk memahami tren dan preferensi pelanggan dalam mengkonsumsi kuliner," kata Affan.

2. Digitalisasi
Selain kreativitas, digitalisasi juga menjadi penting agar kuliner kekinian mampu menghasilkan keuntungan di saat pandemi. Menurut Affan, Martabak Orient melakukan digitalisasi untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

"Kami berusaha untuk menggunakan sosial media sebagai upaya promosi dan bergabung di GoFood agar bisa mempromosikan berbagai produk dan membuka akses ke pelanggan seluas-luasnya," ujarnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...