Senin, 05 Desember 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

INFOBRAND Rilis Pemenang Top Digital Public Relations Award 2022

Posted by: 30-09-2022 15:41 WIB 657 viewer

INFOBRAND Rilis Pemenang Top Digital Public Relations Award 2022
Foto bersama para pemenang Top Digital Public Relations Award 2022, dalam award ceremony, di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta, Kamis (29/9/3022).

INFOBRAND.ID - ktivitas Public Relations (PR) tidak dapat dipisahkan dalam keberlangsungan bisnis dan perusahaan. PR memiliki peran penting dalam membangun hubungan baik dengan publik atau masyarakat, dan menciptakan hubungan yang memuaskan antar stakeholder, yang pada akhirnya akan meningkatkan citra positif dan reputasi perusahaan.

Di tengah perkembangan teknologi digital, aktivitas PR dihadapkan pada tantangan perubahan media informasi yang digunakan, serta pola konsumsi dan komunikasi masyarakat. Dimana informasi beredar semakin cepat melalui beragam platform digital, seperti media siber bahkan media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok dan lainnya.

Mengutip data We Are Social: Indonesia Digital Report 2022, terungkap sebanyak 80,1% dari total pengguna Internet di Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi, dan 61,4% untuk mengikuti berita terkini. Dan mesin pencari Google menjadi website yang paling banyak dikunjungi, mencapai 583 juta kunjungan per bulan, di bulan November 2021.

IKLAN INFOBRAND.ID

Masih dari data yang sama, pengguna media sosial di Indonesia saat ini mencapai 191,4 juta, mencapai 68,9% dari total populasi. Dengan tiga media sosial teratas, Facebook terdapat 129,9 juta pengguna, YouTube 139 juta pengguna, dan Instagram dengan 99,15 juta pengguna.

Kondisi tersebut tentu saja menjadi pertimbangan dalam membangun komunikasi dengan public. Komunikasi tidak hanya dalam bentuk siaran media yang cenderung satu arah, tapi juga dapat memanfaatkan media sosial yang justru lebih interaktif karena dapat berkomunikasi langsung dengan netizen.

Memahami perkembangan dunia PR tersebut, TRAS N CO Indonesia, sebuah perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand dan perusahaan, kembali melakukan penilaian Top Digital PR Index 2022. Riset dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2022, dengan metode desk research terhadap 787 perusahaan emiten dan 500 perusahaan non emiten, dari berbagai industri.

Hasilnya, dari 787 perusahaan emiten terriset terdapat 10,38 juta ulasan halaman internet terkait corporate brand dalam 1 tahun terakhir, 3,84 juta pencarian terkait corporate brand dalam rata-rata bulanan, 1,07 juta pemberitaan terkait corporate brand dalam 1 tahun terakhir, dan 134,14 juta pengunjung website resmi perusahaan dalam rata-rata bulanan.

Sementara untuk perusahaan non emiten, dari 500 perusahaan terriset, terdapat 10 juta ulasan halaman internet terkait corporate brand dalam 1 tahun terakhir, 1,11 juta pencarian terkait corporate brand dalam rata-rata bulanan, 508,91 ribu pemberitaan media siber terkait corporate brand dalam 1 tahun terakhir.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, penilaian berdasarkan tiga parameter yakni; Digital Media Aspect, yang mengukur banyaknya pemberitaan media digital terhadap perusahaan yang tercapture melalui mesin pencari dengan keyword “Corporate Brand”. Digital Sentiment Aspect, untuk menentukan berapa banyak dominasi berita positif dan negatif terhadap suatu perusahaan dengan mengacu lima halaman utama. Dan Digital Awareness Aspect, untuk mengukur banyaknya ulasan terkait perusahaan di media digital melalui mesin pencari dan juga mengukur banyaknya pengguna internet yang mencari perusahaan dengan keyword “Corporate Brand” dalam rata-rata perbulan.

“Dari riset yang kami lakukan, perusahaan yang telah berhasil memenuhi tiga parameter penilaian tersebut berhak meraih Top Digital Public Relations Award 2022, sebagai perusahaan yang berhasil menjalankan digital public relations,” jelas Tri Raharjo.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, Top Digital Public Relations Award 2022, diselenggarakan pada Kamis (29/9/2022), merupakan penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang sukses dalam memanfaatkan digital Public Relations dalam berkomunikasi dan menjalin engagement dengan publik untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap perusahaan.

Tujuan dari penyelenggaraan Top Digital Public Relations Award 2022, sebagai bukti keberhasilan kinerja positif perusahaan dalam mengolah corporate image perusahaan, memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil memanfaatkan digital public relations dengan baik, dan sebagai ajang sharing knowledge, sharing experience, dan membangun networking.

“Penghargaan ini tentu saja juga bermanfaat dalam memicu kepercayaan stakeholder dan shareholder hingga masyarakat luas terhadap perusahaan. Logo penghargaan ini dapat menjadi value perusahaan dan dapat ditempatkan di seluruh promotion tools dan lain sebagainya,” jelas Susilowati Ningsih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun para peraih penghargaan Top Digital Public Relations Award 2022 antara lain; PT WIR ASIA Tbk, PT MERCK Tbk, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT HM Sampoerna Tbk, PT Bank Amar Indonesia Tbk, PT Phapros Tbk, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, PT Hero Supermarket Tbk, PT Biru Semesta Abadi, PT Bank JTrust Indonesia, PT Astra Graphia Tbk dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian penting d...


Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022

Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022
INFOBRAND.ID-Sejak terjadi pandemi yang berlangsung mulai tahun 2020, aktivitas bisnis dan perusahaan dihadapkan pada situasi yang sangat menantang. D...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau lebih dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai kesepakatan pembangunan...


INFOBRAND.ID Gelar Top CSV Award 2022, Penjurian Masih Dibuka

INFOBRAND.ID Gelar Top CSV Award 2022, Penjurian Masih Dibuka
INFOBRAND.ID - Sejak dikenalkan di tahun 1950-an, tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan konsep Corporate Social Responsibility (C...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus