Senin, 05 Desember 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

INFOBRAND Rilis Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2022

Posted by: 30-09-2022 15:47 WIB 754 viewer

INFOBRAND Rilis Pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2022
Foto bersama para pemenang, Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, dalam Award Ceremony, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

INFOBRAND.ID - Jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Kondisi tersebut memberikan peluang bagi pelaku bisnis dan brand dalam meningkatkan brand awareness dengan lebih cepat di ranah digital.

Tingginya penetrasi internet di Indonesia setidaknya dapat dilihat dari laporan We Are Social, Indonesia Digital Report 2022, dimana pengguna internet di Indonesia mencapai 205 juta atau 74,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebanyak 275 juta jiwa. Jumlah tersebut melonjak dalam 5 tahun terakhir, di mana di tahun 2017 pengguna internet di Indonesia baru 136 juta, atau 51,5% dari jumlah penduduk tahun 2017 264 juta.

Yang menarik adalah, masih dari laporan tersebut, terungkap bahwa waktu rata-rata setiap hari penggunaan internet adalah 8 jam 36 menit, dengan beragam aktivitas antara lain, broadcast, streaming dan video on demand rata-rata 2 jam 50 menit, dan menggunakan media sosial 3 jam 17 menit. Sisanya mendengarkan musik 1 jam 30 menit, dan bermain game 1 jam 19 menit.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menyebut, kondisi tersebut tentu saja memberikan peluang yang selebar-lebarnya bagi pelaku bisnis dan brand untuk dikenal di ranah digital. Menurutnya semakin pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini, mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet.

Untuk melihat brand-brand populer dan unggul di ranah digital, TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting, yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, kembali melakukan Riset Indonesia Digital Popular Index, yang dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand teriset.

Adapun hasilnya, 10 kategori dengan ulasan halaman internet terbanyak antara lain; Multiplatform Televisi Kabel (28,59 juta ulasan), Game Console (18,60 juta ulasan), Situs Jual Beli Online (16,95 juta ulasan), Mie Instan (7,26 juta ulasan), Smart TV (6,73 juta ulasan), Sarung (4,39 juta ulasan), Kerudung Bermerek (3,15 juta ulasan), Sabun Mandi (2,65 juta ulasan), Jasa Kurir (2,34 juta ulasan), dan Raket Badminton (2,30 juta ulasan).

Selanjutnya, 10 kategori yang paling banyak dicari oleh pengguna internet dalam rata-rata bulanan antara lain; Situs Jual Beli Online (11,25 juta pencarian), Multiplatform Televisi Kabel (3,32 juta pencarian), Jasa Kurir (3,20 juta pencarian), Aplikasi Booking Penginapan/Hotel (1,82 juta pencarian), Apotek (494,6 ribu pencarian), SPBU (375,6 ribu pencarian), Convenience Store (247,20 pencarian), Bengkel & Aksesoris Motor (204,90 ribu pencarian), Sepatu Sekolah (166,30 ribu pencarian), dan Pembiayaan Multiguna (145 ribu pencarian).

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, penilaian dengan menggunakan tiga parameter digital yaitu; Search Engine Based, untuk mengukur popularitas sebuah brand rata-rata perbulan dicari oleh pengguna internet dengan menggunakan keyword planner brand dengan kategori tertentu berdasarkan mesin pencari internet. Kemudian Social Media Based, untuk mengetahui aktivitas dan engagement yang terjalin antara brand dengan pengikutnya sosial media YouTube, Instagram dan Facebook. Dan Website Based, untuk mengetahui kecepatan akses serta traffic visitor website dari brand.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Bagi brand-brand yang memenuhi tiga kriteria penilaian tersebut merupakan brand-brand populer dan unggul yang berhak mendapatkan Indonesia Digital Popular Brand Award 2022,” ujar Tri Raharjo.

Sementara itu, Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, digelar di Pullman, Central Park, Jakarta, Kamis (29/9/2022), merupakan penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya. Menurutnya penghargaan ini telah menjadi barometer utama pengukuran Digital Brand di Indonesia, diharapkan dapat semakin meningkatkan kepercayaan netizen terhadap brand-brand peraih penghargaan dan memudahkan netizen dalam menentukan brand pilihannya.

“Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 ini adalah untuk fase yang ke-4 tahun ini, atau untuk penyelenggaraan ke-28 kali sejak dihadirkan pada 2015 lalu, menjadi bukti penghargaan yang kami hadirkan diterima oleh Brand nasional maupun internasional,” ujar Susilowati Ningsih.

Adapun brand-brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 Fase ke-4, antara lain; Prudential Syariah untuk kategori Asuransi Jiwa Syariah, Astra Credit Company untuk kategori Pembiayaan Mobil Bekas, No Drop untuk kategori Pelapis Anti Bocor, Piattos untuk kategori Keripik Kentang Olahan, Apotek K-24 untuk kategori Apotek, Polysilane untuk kategori obat Maag, Kimia Farma Apotek untuk kategori Apotek, Depo Air Minum Biru untuk kategori Depo Air Minum Isi Ulang, Clipan Finance untuk kategori Pembiayaan Mobil Bekas, JNE untuk kategori Jasa Kurir dan Cargo, Century 21 untuk kategori Broker Property, Promag untuk kategori Obat Maag, dan Amanah by Pegadaian untuk kategori Kredit Sepeda Motor Syariah. 

 

IKLAN INFOBRAND.ID

 

 

 

 

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID dan TRAS N CO, Sukses Gelar TOP CSV Award dan Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian penting d...


Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022

Inilah Jajaran Pemimpin Perusahaan yang Meraih Top Executive Award 2022
INFOBRAND.ID-Sejak terjadi pandemi yang berlangsung mulai tahun 2020, aktivitas bisnis dan perusahaan dihadapkan pada situasi yang sangat menantang. D...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top SDGs Award 2022

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top SDGs Award 2022
INFOBRAND.ID - Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau lebih dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai kesepakatan pembangunan...


INFOBRAND.ID Gelar Top CSV Award 2022, Penjurian Masih Dibuka

INFOBRAND.ID Gelar Top CSV Award 2022, Penjurian Masih Dibuka
INFOBRAND.ID - Sejak dikenalkan di tahun 1950-an, tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan konsep Corporate Social Responsibility (C...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus