Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Indonesia Digital Popular Brand Award

Posted by: 2735 viewer

Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award kini menjadi tolak ukur bagi perusahaan dan pelaku tim digital khususnya, untuk melakukan pengukuran kesuksesan terhadap kinerja brand yang dilakukannya. Penghargaan ini juga turut mendorong pelaku digital untuk terus aktif berkompetisi agar dapat memenangkan hati konsumen netizen.

Indonesia Digital Popular Brand Award
Logo Indonesia Digital Popular Brand Award

Suksesnya penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2016 lalu yang dihadiri lebih dari 100 brand Achievers merupakan penghargaan paling bergengsi di era digital saat ini.

Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award kini menjadi tolak ukur bagi perusahaan dan pelaku tim digital khususnya, untuk melakukan pengukuran kesuksesan terhadap kinerja brand yang dilakukannya. Penghargaan ini juga turut mendorong pelaku digital untuk terus aktif berkompetisi agar dapat memenangkan hati konsumen netizen.

Memasuki tahun ke-3 penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2017 fase pertama ini, Tras N Co Research bersama IMFocus Certified Google Partner telah melakukan survei Indonesia Digital Brand Index 2017 melalui 3 metode penilaian digital yaitu Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based. Survei dilakukan bulan November 2016 - Januari 2017, terhadap 137 kategori produk, lebih dari 1.000 brand tersurvei.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ada perbaharuan di metodologi survei yang dilakukan guna mengikuti perubahan dan perkembangan tren digital saat ini. Pada survei tahun ini kami menambahkan 2 (dua) alat pengukuran baru yaitu YouTube (Search Engine No.2 setelah Google) pada Social Media Based menggantikan penilaian Twitter pada tahun lalu dan Traffic pada penialain website based, dimana pada tahun lalu tidak ada penilaian traffic pada website.

Yang menarik dari hasil survei kali ini, banyak ditemukan perubahan posisi digital popular brand yang sangat signifikan dari ditahun lalu. Banyak brand mampu ningkatkan kinerja brand digitalnya di tahun ini, banyak juga brand cukup mampu mempertahankan posisi digital popular brand namun tidak sedikit pula brand terjun "bebas" tidak mampu mempertahankan prestasinya.

Berdasarkan hasil survei tersebut membuktikan, bahwa perubahan iklim digital terjadi sangat begitu cepat dan dinamis, hanya dengan “Keseriusan dan kecepatan” lah pelaku brand digital mampu mendorong sebuah brand mencapai diposisi puncak popularitas merek di dunia digital saat ini, sebagai kekuatan perusahaan untuk tetap unggul dari kompetitor.

Akhir kata, Selamat kepada perusahaan (brand) peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2017, semoga prestasi ini dapat terus dipertahankan untuk tetap menjadi yang terpopular ditahun berikutnya.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

Salam Digital,

Tri Raharjo
Chairman Tras N Co Research &
Penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA)

 

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Memberikan pemeringkatan pada brand-brand di Indonesia yang telah berhasil meningkatkan dan mempertahankan popularitas brand-nya di era digital di tengah maraknya brand-brand baru bermunculan di internet.
  2. Memberikan apresiasi kepada brand-brand yang telah berhasil meraih Digital Popular Brand di mata konsumen, pengguna internet khususnya.
  3. Sebagai bukti akan pengakuan publik tingkat kepercayaan netizen terhadap brand peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award.
  4. Memudahkan para Netizen dalam menentukan pilihan terhadap brand yang akan dipilih.
  5. Turut berperan serta dalam kemajuan teknologi dalam bisnis khususnya di digital marketing.

 

MANFAAT PENGHARGAAN

  1. Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award memacu perusahaan dan tim digital melakukan penguatan strategi marketing digital melalui search engine, social media dan website sebagai media digital untuk mengkomunikasikan produk, keuggulan dan program promosi lainnya kepada konsumen pengguna internet.
  2. Terciptanya semangat berkompetisi bagi perusahaan dan tim pengelola brand untuk unggul memenangkan persaingan hati konsumen netizen dan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2017.
  3. Memberikan rasa bangga bagi perusahaan peraih penghargaan Indonesi Digital Popular Brand Award 2017, dinilai telah berhasil membangun popularitas brand dan unggul ditengah persaingan di era digital saat ini.
  4. Penghargaan ini merupakan bukti keberhasilan atas kinerja tim digital marketing dalam mengelola brand di internet.
  5. Penghargaan ini sebagai alat komunikasi yang efektif untuk melakukan PR publiksi atas prestasi yang dicapai, baik melalui media digital, cetak, elektronik dan social media.
  6. Logo Penghargaan ini juga dapat digunakan dan ditempatkan di website, sosial media, packaging, iklan, dan sebagainya.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

SURVEI DAN METODOLOGI

Survei Indonesia Digital Popular Brand Index 2017 ini dilakukan pada bulan November 2016 – Januari 2017, kepada 137 Kategori produk dan lebih dari 1.000 brand tersurvei di Indonesia. Survei ini murni dilakukan melalui data engine pihak ketiga yang bersifat independent, credible dan accountable dengan menggunakan 3 (tiga) parameter penilaian di dunia digital yaitu:

  1. Search Engine Based - 40%

    Parameter ini menggunakan http://google.co.id pada ruang lingkup brand di Indonesia, untuk mengukur dan mengetahui popularitas sebuah brand rata-rata perbulan dicari oleh pengguna internet dengan menggunakan Keyword Planner Brand dan Kategori tertentu berdasarkan hasil Google Search dan Google Result
  2. Social Media Based - 40%

    Parameter ini menggunakan 3 media pengukuran teratas untuk mengetahui propularitas sebuah merek di sosial media, yaitu :
    • Facebook dengan menggunakan http://likealyzer.com
    • Instagram dengan menggunakan http://ink361.com
    • YouTube dengan menggunakan http://socialblide.com
  3. Website Based - 20%

    Parameter ini akan mengukur kecepatan dan trafik website brand (website corporate) saat tersurvei untuk mengetahui :
    • Speed loading & user friendly menggunakan
    • http://developers.google.com
    • Traffic website menggunakan http://hypestat.com

Yang menarik dari survei Indonesia Digital Popular Brand Index di tahun 2017 ini, kami menambahkan 2 (dua) penilaian engine baru yaitu YouTube (Search Engine No.2 setelah Google) pada social media menggantikan pengilaian Twitter pada tahun lalu dan Traffic pada penialain website based, dimana pada tahun lalu tidak ada penilaian traffic pada website.

 

Penghargaan ini diberikan kepada merek-merek dari berbagai kategori produk tertentu yang telah berhasil memenuhi 2 (dua) kriteria penilaian akhir yaitu :

Event Tras N CO

IKLAN INFOBRAND.ID

  1. Merek Tersurvei yang memperoleh nilai popular minimal 10.000 Google Result dan total minimal final skor 10%
  2. Merek-merek yang menurut hasil survei berada pada posisi 3 pringkat teratas di kategori produknya.

Kriteria tersebut harus dipenuhi oleh sebuah merek agar berhak mendapatkan predikat Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2017.

Dengan adanya kriteria tersebut, maka tidak menutup kemungkinan dalam 1 (satu) kategori produk terdapat lebih dari 1 (satu) brand peraih penghargaan atau maksimal 3 (tiga) brand yang meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2017.

 

PROFILE PENGGAGAS

Trasnco Research adalah sebuah perusahaan research terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian akan perkembangan bisnis & entrepreneurship di Indonesia. Secara makna nama dari Trasnco Research adalah Tras artinya kepercayaan & Co artinya kami melakukan collaboration atau co - partner dengan beberapa ahli dari berbagai bidang untuk memajukan bisnis & entrepreneurship di Indonesia.

Berbekal pengalaman dalam bidang bisnis & entrepreneurship lebih dari 10 tahun, Trasnco Research hadir untuk memberikan "warna" baru bagi perkembangan bisnis di Indonesia.

Survei Partner:

Survei INDONESIA DIGITAL POPULAR BRAND AWARD dilakukan oleh Alex Iskandar sebagai Google Certified Partner & SEO Certified Professional, Founder IMFocus, Digital Marketing Consultant dan Training. Dan penulis buku (Gramedia) Digital Marketing antara lain: Internet Cash Machine, Super Affiliate & Meditate and Grow Rich. Survei INDONESIA DIGITAL POPULAR BRAND AWARD dilakukan oleh Alex Iskandar sebagai Google Certified Partner & SEO Certified Professional, Founder IMFocus, Digital Marketing Consultant dan Training. Dan penulis buku (Gramedia) Digital Marketing antara lain: Internet Cash Machine, Super Affiliate & Meditate and Grow Rich.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Proyek Forest City di Johor, Malaysia, baru-baru ini menarik perhatian luas

Proyek Forest City di Johor, Malaysia, baru-baru ini menarik perhatian luas
JOHOR BAHRU, Malaysia, 23 April 2024 /PRNewswire/ -- Pada 18 April 2024, Perdana Menteri Malaysia Anwar I...


HOZON AUTO RESMIKAN KONTRAK KERJA SAMA, RAIH INVESTASI LEBIH DARI RMB 5 MILIAR

HOZON AUTO RESMIKAN KONTRAK KERJA SAMA, RAIH INVESTASI LEBIH DARI RMB 5 MILIAR
TONGXIANG, Tiongkok, 23 April 2024 /PRNewswire/ -- Pada 15 April lalu, Hozon Auto mencapai kesepakatan in...


Concentrix Rayakan Pencapaian Signifikan dalam Inisiatif Keberlanjutan dengan Meluncurkan Laporan Keberlanjutan 2023

Concentrix Rayakan Pencapaian Signifikan dalam Inisiatif Keberlanjutan dengan Meluncurkan Laporan Keberlanjutan 2023
SINGAPURA, 22 April 2024 /PRNewswire/ -- Concentrix + Webhelp ("Concentrix"), pemimpin ind...


TCL Menyatukan Mitra-Mitra Global guna Mencapai Kesuksesan di Acara Global Partners Conference 2024

TCL Menyatukan Mitra-Mitra Global guna Mencapai Kesuksesan di Acara Global Partners Conference 2024
WUHAN, Tiongkok, 23 April 2024 /PRNewswire/ -- TCL, merek barang elektronik terkemuka dan merek TV terbes...