Jum'at, 14 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Era Digital, PR Dituntut Lebih Inovatif dan Kreatif lagi dalam Menyampaikan Informasi

Posted by: 1705 viewer

Era Digital, PR Dituntut Lebih Inovatif dan Kreatif lagi dalam Menyampaikan Informasi
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, memaparkan hasil riset Top Digital Public Relations Award 203 dan Top Official Store Award 2023.

INFOBRAND.ID - Reputasi perusahaan tentunya harus dibangun demi menciptakan kepercayaan dari publik. Dengan adanya kepercayaan, maka perusahaan-perusahaan akan lebih mudah dalam memasarkan produknya ke pasaran. Di sinilah fungsi peran penting dari PR (Public Relations), sebagai penghubung informasi antara internal perusahaan dengan masyarakat atau pelanggan.

Demikian diungkapkan oleh CEO TRAS N CO Indonesia, saat membuka INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023, yang diselenggarakan di The Sultan Hotel, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Dikatakan, di era digital, revolusi komunikasi berbasis digital menyebabkan peran PR menjadi sangat penting saat ini. Di era yang modern saat ini, setiap orang dituntut agar dapat terus melakukan komunikasi untuk dapat mengupdate informasi positif tentang perusahaan baik melalui media online ataupun melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dan lainnya.

Berangkat dari perkembangan tersebut, TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia melakukan riset Top Digital PR Index yang dilakukan pada bulan November 2023 – Januari 2023. Riset dilakukan kepada perusahaan emiten dan non emiten, dan brand-brand di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk perusahaan emiten dan non emiten, riset dilakukan dengan metode desk research terhadap 811 perusahaan emiten dan 500-an perusahaan non emiten dari berbagai industri, dengan menggunakan tiga  parameter penilaian yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect. Sedangkan untuk brand, riset dilakukan dengan total brand terriset lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand terriset di Indonesia, dengan menggunakan tiga parameter penilaian yaitu; Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.

”Dari riset yang kami lakukan, terungkap dari 1.300an perusahaan emiten dan non emiten yang terriset, terdapat lebih dari 20,5 juta ulasan halaman internet dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Kemudian total rata-rata perusahaan emiten dan non emiten yang dicari pengguna internet ada 6,7 juta pencarian per bulan. Selanjutnya, total pemberitaan perusahaan emiten dan non emiten di media digital mencapai 4,9 juta pemberitaan. Dan total pengunjung website resmi perusahaan emiten dan non emiten dalam rata-rata bulanan mencapai 1,6 miliar pengunjung,” ujar Tri Raharjo.

Untuk brand, dari 1.000 lebih brand terriset, terungkap total pemberitaan brand terriset ada 3,7 juta pemberitaaan. Total pengikut halaman facebook brand terriset ada 2,8 miliar pengikut. Total subcriber YouTube brand terriset mencapai 57,1 juta subcriber. Dan total followers instagram brand terriset mencapai 60 miliar followers. Jika dilihat berdasarkan kategori, 5 kategori produk dengan pengikut halaman facebook adalah; kategori Smartphone memiliki 251,6 juta pengikut, Produk Perawatan Wajah memiliki 248,3 juta pengikut, Pelembab Wajah memiliki 246,2 pengikut, Air Purifier memiiki 220,4 pengikut, dan Mesin Cuci memiliki 217,4 pengikut.

Sementara, 5 kategori produk dengan followers instragram terbanyak adalah; Marketplace dengan 23,6 juta followers, Smartphone dengan 8,9 juta followers, Jeans dengan 8,2 juta followers, Minimarket dengan 7,4 juta followers, dan Fasfood dengan 7,2 juta followers. Dan 5 kategori produk/jasa dengan pemberitaan terbanyak adalah; Kategori Fastfood dengan 336,8 ribu pemberitaan, Marketplace dengan 330,9 ribu pemberitaan, Multiplatform TV Cable dengan 308,7 ribu pemberitaan, Kategori Mobil dengan 201,4 ribu pemberitaan, dan Kosmetik dengan 187,2 ribu pemberitaan.

“Selain PR, kami juga melakukan penelusuran mengenai kinerja official store dari sebuah brand yang ada di dua marketplace teratas di Indonesia. Dari 9.700 Official Store teriset di dua marketplace teratas di Indonesia 2023. Didapati telah terjadi akumulasi transaksi sebanyak 376,6 juta transaksi, dengan ulasan konsumen yang mencapai 326,7 juta ulasan dan rating penilaian rata-rata 4,87/5,00. Pada penelusuran yang sama kami juga mendapati official store terriset yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 499,2 juta pengikut di dua marketplace teratas,” ungkap Tri Raharjo.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berbekal data-data tersebut, tentunya di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, peran PR dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif lagi dalam memberikan informasi mengenai perusahaan kepada publik, dengan begitu citra positif perusahaan/brand dapat terbangun dengan baik. Sedangkan untuk para pengelola official store tentunya mereka harus lebih sigap lagi dalam mengoptimalkan official Store mereka yang ada hampir di seluruh e-commerce atau marketplace yang ada di Indonesia, sehingga mereka dapat meningkatkan jumlah transaksi mereka kembali.

“Oleh karena itu melalui kesempatan ini, kami ingin memberikan apresiasi kepada perusahaan dengan public relations (PR) yang telah berhasil membangun citra positif perusahaannya dihadapan publik di era digital, serta pengelola atau pemilik official store yang berhasil meningkatkan transaksi produknya di marketplace yang ada di Indonesia dengan penghargaan “Top Digital Public Relations Award 2023 dan Top Official Store Award 2023”,” ujar Tri Raharjo.  

Terakhir, Tri Raharjo mengucapkan selamat kapada para penerima penghargaan Top Digital Public Relations Award 2023 dan Top Official Store Award 2023. Diharapkan para penerima penghargaan dapat terus menjaga konsistensinya dalam upaya memaintain digital brand dan digital campaign secara berkesinambungan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Sinergi WINGS for UNICEF Bersama SoKlin Wujudkan Generasi Bersih Sehat

Sinergi WINGS for UNICEF Bersama SoKlin Wujudkan Generasi Bersih Sehat
INFOBRAND.ID - WINGS Group Indonesia melalui program WINGS for UNICEF, meluncurkan kampanye "Generasi Bersih Sehat" untuk mendukung layanan...


ISFEX 2024 Hadirkan Berbagai Solusi Kebutuhan Fasilitas dan Perlengkapan Olahraga

ISFEX 2024 Hadirkan Berbagai Solusi Kebutuhan Fasilitas dan Perlengkapan Olahraga
INFOBRAND.ID - Indonesia Sport Facilities Expo (ISFEX) 2024 resmi dibuka di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, dan akan terselenggara pad...


Begini Strategi Jitu Pos Indonesia Selamat dari Pandemi

Begini Strategi Jitu Pos Indonesia Selamat dari Pandemi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah menjadi ujian yang luar biasa bagi perusahaan di seluruh dunia. Di tengah pembatasan, penutupan bisnis,...


Melalui Body Emulsion Scrub, Beautetox Raih Penghargaan Pertama di Indonesia

Melalui Body Emulsion Scrub, Beautetox Raih Penghargaan Pertama di Indonesia
INFOBRAND.ID,JAKARTA - Dunia bisnis yang terus berkembang, persaingan semakin ketat. Untuk memenangkan hati konsumen, pelaku bisnis dan brand dituntut...