Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Deretan Inovasi Tokopedia untuk Pengguna Android & iOS Hadirkan Pengalaman Belanja Lebih Mulus

Posted by: 1643 viewer

Deretan Inovasi Tokopedia untuk Pengguna Android & iOS Hadirkan Pengalaman Belanja Lebih Mulus
Dok. Tokopedia

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia, terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi lebih dari 11 juta UMKM lokal dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan, termasuk pengguna sistem operasi seluler Android dan iOS, untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan harian di tengah pandemi.

Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia. Contohnya, Rico Harisin dan Tonito selaku Head of Engineering Tokopedia, dua Nakama (sebutan untuk karyawan Tokopedia) yang terlibat dalam proses pengembangan aplikasi Tokopedia dari nol.

Hadirkan Berbagai Inovasi untuk Pengguna Android di Indonesia

IKLAN INFOBRAND.ID

Rico yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi Android Tokopedia, mengatakan “Kami melihat perilaku pengguna dalam berbelanja dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI), machine learning, serta teknologi manajemen data untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi agar relevan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.”

Berkat kolaborasi dari Rico dan tim, pengguna Android dapat memanfaatkan berbagai fitur, termasuk Dark Mode, Chromecast Support, Voice Assistant hingga NFC yang memungkinkan pengguna bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.

Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, Rico dan tim juga menghadirkan teknologi Picture in Picture yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten di kanal video streaming Tokopedia PLAY sambil berbelanja di platform Tokopedia di saat yang bersamaan.

“Ada juga Dynamic Features dimana aplikasi Tokopedia akan hanya mengunduh fitur yang benar-benar digunakan pengguna. Fitur ini bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB,” tambah Rico.

Hadirkan Platform yang Relevan dan Inklusif untuk Pengguna iOS

IKLAN INFOBRAND.ID

Tonito yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi iOS Tokopedia dari nol, pun mengatakan, “Tokopedia terus meningkatkan personalisasi dan rekomendasi, metode pembayaran digital dan sistem pengiriman yang disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berubah terutama di tengah pandemi.”

“Salah satu inovasi terbaru kami, yaitu fitur Voice Over, mempermudah tunanetra pengguna Tokopedia dalam menggunakan aplikasi Tokopedia, baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis online, khususnya di tengah pandemi” tambah Tonito.

Melalui Widget Tokopedia di iOS 14 yang dihadirkan oleh Tonito dan tim, pengguna dapat merasakan kemudahan mengakses halaman utama Tokopedia tanpa harus membuka aplikasi. Kini, pengguna pun dapat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch mereka.

Selain itu, ada juga berbagai fitur seperti In App Events iPad Layout Optimization, NFC, hingga Shared Shopping yang memberikan pengalaman berbelanja melalui FaceTime sembari berbagi penggunaan aplikasi dengan teman.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...