Jum'at, 25 Juni 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Cloud Kitchen Jadi Andalan Boga Group di Era New Normal

Posted by: 03-07-2020 09:48 WIB 1098 viewer

Cloud Kitchen Jadi Andalan Boga Group di Era New Normal
Ellen Widodo, GM Marketing Boga Group (dok. Twitter)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Era new normal membuat mal dan restoran mulai membuka diri. Akan tetapi, mayoritas konsumen merasa tetap waspada untuk menikmati makanan di restoran. Masuk dan duduk di tempat orang silih berganti menikmati hidangan, mendatangkan kekhawatiran sendiri. Maklum, tidak ada yang bisa menjamin tidak ada virus sama sekali yang menempel di ruangan restoran sekalipun sudah diupayakan sesteril mungkin. Dengan kata lain, muncul perasaan insecure.

Dengan kondisi demikian, maka para pengelola resto harus pandai-pandai bersiasat. Salah satu contoh menarik adalah apa yang dilakukan Boga Group. Ellen Widodo, GM Marketing Boga Group menjelaskan ada beberapa langkah yang telah dilakukan oleh jaringan resto yang memiliki 14 merek resto (seperti Master Wok, Paradise Inn, Kintan Buffet, Shaburi, Pepper Lunch, Bakerzin) dan 170 gerai ini. Pertama, pada Maret 2020, mereka meliburkan resto, tapi tidak mem-PHK karyawan yang berjumlah 2000 orang.

Kedua, mempercepat ekspansi cloud kitchen dengan bendera Boga Kitchen. Awalnya Januari 2020 baru membuka sebagai pilot project, kini karena pandemi yang memaksa orang di rumah setelah diberlakukannya PSBB, Boga Group mengakselerasi cloud kitchen. Kini sudah ada 20 cloud kitchen (18 di Jakarta, sisanya di Medan dan Semarang) dan masih akan bertambah. Langkah ketiga, menggenjot inovasi produk dan melebarkan kanal penjualan.

“Produk inovatif yang diintensifkan oleh Boga Group adalah frozen food yang ready to cook serta makanan ready to eat,” ujarnya dalam Indonesia Brand Forum 2020 pada Kamis (2/7).

Menurutnya, Boga Kitchen telah mendapatkan apresiasi yang positif dari konsumen. Dimana kata dia, cloud kitchen menjadi jalan keluar bagi Boga Group di tengah pandemi karena selain menghidupkan bisnis, juga menampung karyawan sehingga tak ada PHK.

“Kedepannya bukan hal yang mustahil kalau kami akan semakin intensif membangun cloud kitchen,” tambahnya.

Dia menambahkan, dengan konsep dapur satelit, Boga Kitchen bisa berada di satu tempat yang memadai. Yang penting ada buat dapur, sekitar 25 karyawan, dan sistem untuk order-delivery..

“Cloud kitchen jauh lebih ringkas dibanding sebuah resto. Boga Kitchen bisa berada di lokasi seluas 22 meter persegi sementara resto butuh 120 meter persegi dan 75 orang operasional,” ujar Ellen.

Kendati demikian, Ellen menambahkan, kini perlahan-lahan Boga Group juga membuka restonya. Ada sekitar ¾ resto jaringan Boga Group yang mulai membuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Yang menarik, Ellen juga mengungkap bahwa berangkat dari penerimaan konsumen yang positif, Boga Group juga tengah mematangkan rencana untuk masuk ke ritel, menjual frozen food yang ready to cook serta makanan ready to eat di supermarket.

“Mungkin akhir tahun ini sudah ada di supermarket. Jadi, Boga Group memiliki kanal yang makin lebar: resto, cloud kitchen, dan ritel,” tandasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Strategi Aice, Merajai Industri Es Krim di Indonesia

Strategi Aice, Merajai Industri Es Krim di Indonesia
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Es krim Aice sudah hadir di Indonesia sejak lima tahun terakhir ini, dan telah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal in...


Tugu Insurance Syariah Gandeng LinkAja Permudah Layanan Pembelian Produk

Tugu Insurance Syariah Gandeng LinkAja Permudah Layanan Pembelian Produk
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Unit Usaha Syariah PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) berkolaborasi strategis dengan PT Fintek Karya Nusa...


Perluas Layanan Antar Jemput Barang, Wehelpyou Kenalkan Konsep Orkestrator

Perluas Layanan Antar Jemput Barang, Wehelpyou Kenalkan Konsep Orkestrator
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Solusi Layanan Digital dengan brand Wehelpyou memperkenalkan konsep Orkestrator Layanan Digital pertama di Indonesia. Mengu...


Perkuat Jaringan Pemasaran Online, Penjualan MOTUL Tumbuh 76% di 5 Bulan Pertama 2021

Perkuat Jaringan Pemasaran Online, Penjualan MOTUL Tumbuh 76% di 5 Bulan Pertama 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - MOTUL memiliki sejarah yang sangat panjang sebagai spesialis dan inovator oli dengan performa tinggi. Dimulai sejak diperkenal...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS




Index